Thu 15 Nov 2018

Jalan Nasional Putus, Sutrisno: Selamatkan Masyarakat Madina

Sekretaris Komisi D DPRD Sumut, Sutrisno Pangaribuan, ST. (foto/dores)

Sekretaris Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRD Sumut), Sutrisno Pangaribuan, ST meminta lembaga pemerintahan terkait agar membuat kebijakan dan tindakan untuk menyelamatkan masyarakat Mandailing Natal (Madina). 

 

Hal itu disampaikan Sutrisno setelah mendapat informasi terputusnya jalan nasional di Desa Sikara 4, Kecamatan Natal, Kabupaten Madina, Jumat (12/10/2018). Penyebabnya jembatan yang amblas terbawa arus banjir akibat derasnya hujan mengguyur kawasan tersebut dalam beberapa hari terakhir. 

 

"Jika kondisi ini terus terjadi, maka masyarakat akan terisolasi dan mengalami ketakutan karena hujan masih belum berhenti. Perubahan cuaca masih akan terus terjadi secara ekstrim. Maka masyarakat harus kita persiapkan untuk berbagai kemungkinan akibat perubahan cuaca," ucap Sutrisno kepada hetanews.com.

 

Menurut Wakil Bendahara Fraksi PDI Perjuangan ini, banjir tahunan merupakan keniscayaan yang akan terus dialami akibat pengalihan fungsi hutan yang masih dilakukan secara brutal. Meskipun atas nama kebutuhan ekonomi, kebutuhan lapangan kerja. 

 

Padahal, hal itu justru menimbulkan kerugian besar. Kerusakan infrastruktur negara, rumah penduduk, lahan pertanian dan ladang penduduk. Bahkan menancam nyawa ketika banjir menyapu pemukiman penduduk.

 

Untuk itu DPRD Sumut meminta agar Balai Jalan dan Jembatan Nasional Kementerian PUPR di Sumatera Utara, Dinas PU Bina Marga dan Bina Konstruksi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Dinas PU Kabupaten Mandailing Natal, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut, BPBD Mandailing Natal, Basarnas, untuk melakukan tindakan di lapangan. 

 

"Jika hujan masih terus mengguyur, masih ada ancaman banjir dan longsor, maka harus dipersiapkan rencana evakuasi penduduk ke tempat yang lebih aman," tegas legislator daerah pemilihan (Dapil) Sumut 7; Madina, Tapanuli Selatan (Tapsel), Padangsidimpuan, Padang Lawas Utara (Paluta), Padang Lawas (Palas).

 

Bupati Madina juga diharapkan segera berkoordinasi dengan Gubernur Sumut untuk memastikan wujud kehadiran pemerintah telah terkoordinasi dengan baik. 

 

"Kita berharap penanganan setiap bencana secara cepat, tepat, sehingga korban jiwa dapat dihindari dan trauma masyarakat dapat diminimalisasi," harap Sutrisno. 

Penulis: dores. Editor: anto.