HETANEWS

Dalam Kurun Satu Minggu, Kawanan Perampok Antar Provinsi 'Putus' Ditangan Unit Jatanras

Kapolres Simalungun AKBP M Liberty Panjaitan. (foto/net)

Simalungun, hetanews.com - Kawanan perampok antar provinsi berhasil diringkus Unit Jatanras Sat Reskrim Polres Simalungun.

Kawanan ini juga beraksi di Simalungun dan merampok kantor Pos Cabang Panei Tongah yang terletak di Besar Seribudolok-Panei Tongah, Kelurahan Panei Tongah, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun pada tanggal 5 Juli 2018.

Setelah berhasil, satu bulan kemudian. Kawanan ini juga kembali merampok korban, Lohot Sitanggang (60) dan isterinya yang berlangsung di kediamannya di Huta Sidorukun I,  Batu Lima, Nagori Rukun Mulyo, Kecamatan Panombean Panei, Kabupaten Simalungun pada, Selasa (07/08/2018) sekira pukul 05.00 wib pagi.

Hasil dari perampokan di rumah Lohot Sitanggang (60) dan isterinya, perampok meraup, uang Rp 30 juta tunai dan perhiasan, cincin, kalung, gelang, krabu diperkirakam berjumlah Rp 20 400.000 ribu.

Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan dalam keterangan resminya mengatkan, kelima pelaku perampokan antar provinsi diringkus bermula dari sidik pelaku yang tertempel di HP korban.

Baca juga: Kawanan Prampok Antar Propinsi Berhasil Diungkap Sat Reskrim Polres Simalungun, Berawal Merampok Kantor Pos

"Awalnya HP milik korban mau diambil tersangka, namun tidak jadi dan diletakkan pelaku. Dari hasil identifikasi kita, kita temukan sidik jari pelaku Ijon Purba," ujarnya.

Ternyata, hasil penyelidikan unit Jatanras Polres Simalungun dan kelima pelaku terlibat aksi perampokan SPBU di Kalimantan dan berhasil membawa uang Rp 1,5 milliar.

"Dari sini lah titik tetang kita dapat karena sidik jari pelaku sama dengan sidik jari yang ditemukan di SPBU tersebut," ucapnya.

Tak tinggal diam. Polres Simalungumn meringkus Ijon yang tak lain adalah tetangga korban, Lohot Sitanggang. Dari keterangan Ijon Martua Purba alias Jhon (46) warga Huta Bah Totop Nagori Pematang Panombean, Kecamatan Panombean Panei, Kabupaten Simalungun, petugas meringkus, Agam Wijaya (23) warga Huta Sidomulyo I, Nagori Rukun Mulyo, Kecamatan Panombean Panei, Kabupaten Simalungun di Kantor Obat PT Ensepal Jalan Medan Siantar.

Baca juga: Selain Kantor Pos, Kawanan Rampok Antar Propinsi Ini Juga Beraksi di Rumah Sintua HKBP

Kemudian, petugas meringkus Yusrizal (30) warga Jalan Rajamin Purba, Nagori Rambung Merah, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun di Rambung Merah Sianyar.

Setelah itu, Timbul Marbun alias Marbun (41) warga Siborong-Borong, Kecamatan Siborong-Borong, Kabupaten Tapanuli Utara ditangkap di Siborong-Borong, Taput dan Boy Simbolon  alias Simbolon (35) warga Jalan Kualanamu, Gang Bilal Ujung Desa Bulu Budimar, Kecamatan Tanjung Morawah, Kabupaten Deli Serdang diringkus petugas dari Kota Medan.Kemudian, Balduin Simanjuntak juga diringkus dari Bukit Tinggki (Padang).

"Untuk kedua tersangka yang terlibat perampokan di rumah Lohot Sitangggang yakni, Marga Purba dan Manurung masih DPO. Dari hasil penyelidikan lebih lanjut petugas, para tersangka juga terlibat perampokan di Parlilitan pada un 2014 di Kantor CU Union dan berhasil menggasak uang Rp 400 juta dan Kantor Pos Cabang  Tobaada Tahun 2017. Saat penangkapan para tersangka perampokan terpaksa kita ambil tindakan tegas dan terukur dengam  menbak kaki empat tersangka," ungkapnya.

Penulis: hza. Editor: tom.