HETANEWS

Selain Kantor Pos, Kawanan Rampok Antar Propinsi Ini Juga Beraksi di Rumah Sintua HKBP

Sektsa Penyelidikan Polres Simalungun dalam mengungkap Perampokan di rumah Lohot Sitanggang.(Screenshoot/Hamza)

Simalungun,hetanews.com-Lohot Sitanggang (60) menjadi korban perampokan yang berlangsung di kediamannya di Huta Sidorukun I,  Batu Lima, Nagori Rukun Mulyo, Kecamatan Panombean Panei, kabupaten Simalungun pada, Selasa (07/08/2018) sekira pukul 05.00 WIB Pagi. Kini para pelaku perampokan yang saat beraksi disertai dengan penganiaayaan itu telah diringkus tim Jatanras Polres Simalungun.

Ada pun identitas pelaku yakni,  Ijon Martua Purba alias Jhon (46) warga Huta Bah Totop Nagori Pematang Panombean, Kecamatan Panombean Panei, Kabupaten Simalungun. Timbul Marbun alias Marbun (41) warga Siborong-Borong, Kecamatan Siborong-Borong, Kabupaten Tapanuli Utara. Boy Simbolon  alias Simbolon (35) warga Jalan Kualanamu, Gang Bilal Ujung Desa Bulu Budimar, Kecamatan Tanjung Morawah, Kabupaten Deli Serdang.

Sementara dua rekan mereka saat beraksi di kediaman Lohot Sitanggang, masuk dalam Daptar Pencarian Orang (DPO) yakni Marga Purba dan rekan mereka marga Manurung.

Baca juga: Kawanan Prampok Antar Propinsi Berhasil Diungkap Sat Reskrim Polres Simalungun, Berawal Merampok Kantor Pos

Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan dalam keterangan resminya mengatakan, aksi perampokan dikediaman korban, Lohot Sitanggang, sudah digambar oleh Agam Wijaya (23) warga Huta Sidomulyo I, Nagori Rukun Mulyo, Kecamatan Panombean Panei, Kabupaten Simalungun.

" Sebenarnya mereka akan beraksi tanggl 3 dan 4 Juli 2018, namun gagal karena  ada seekor anjing dan CCTV dirumah korban. Akhirnya mereka mengurungkan niat dan target mereka akhirnya Kantor Pos TP Indonesia Cabang Panei Tongah Jalan Seribudolo," ungkapnya.

Baca juga: Perampok Beraksi di Simalungun, Uang Penjualan Sawit Disikat dan Korban Dianiaya

Sebulan kemudian, Agam dan Yusrizal  ditinggal oleh lima tersangka lainnya dan mereka tetap beraksi merampok rumah Lohot Sitanggang. Kejadian naas terhadap Lohot Sitanggang terjadi akibat perampokan dan mengalami luka kapak dibagian kepala dan kaki.

" Kapak kami temukan dari tangan Boy Simbolon alias Simbolon. Ia juga yang melukai korban," ujarnya.

Baca juga: Sempat Melawan Rampok Sadis, Ini Kesaksian Lengkap Lohot Sitanggang

Dalam aksi perampokan, Ijon berperan sebagai pengintai diluar rumah dan marga Purba adalah captain dari perampokan. Sementara Balduin Simanjuntak warga Bukit Tinggi yang dipanggil untuk melancarkan aksi mereka dan dari tangam Balduin ditemukam batu cincin milik korban.

" Balduin juga berperan menjual barang curian burupa emas kepada salah seorang penadah di Kota Binjai yang tak lain adalah saudara perempuan (Itok) yaitu Mince Simanjuntak dan juga kepada SS," ucapnya.

Penulis: hza. Editor: tom.