Tue 11 Dec 2018

Pelaku Pembobol Kantor Lurah Martimbang Dibekuk, Polisi Sita Seragam Polisi dan TNI

Abdul Salim, pelaku pembongkaran kantor Keluraham Martimbang saat diamankan, di ruangan Unit Jatantas Sat Reskrim Polres Siantar, Jumat (12/10/2018). (foto/hza)

Siantar,hetanews.com- Abdul Salim (40), warga Rambung Merah, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, diringkus unit kejahatan dan kekerasan (jatanras) Sat Reskrim Polres Siantar, Kamis (11/10/2018) malam.

Kanit Jatantas Sat Reskrim Polres Siantar, Iptu Yuken Saragih, mengatakan, ditangkapnya Abdul Salim, setelah terlibat pembongkaran di kantor Kelurahan Martimbang.

"Pelaku, Abdul Salim. Kita tangkap di seputaran SMAN 3 dengan cara kita pancaing untuk bertransaksi dengan membeli barang hasil curiannya," ujarnya, Jumat (12/10/2018) siang.

Lanjut Yuken, pihaknya dua kali melakukan penggeledehan, di rumah pelaku dan di rumah orang tua pelaku yang terletak, di Jalan Singosari Siantar.

"Hasil penggeledahan kita ada menemukan, seragan Polisi dan TNI, TV, beras rastara, surat emas dan soft gun. Saat kita introgasi dari mana semua barang yang kita sita, pelaku tidak mengaku dan mendapat dari tempat sampah, di Batu Lapan," ucapnya.

Tak hanya itu saja, pelaku juga mengatakan, mendapat seragam TNI dengan cara dibelinya dari Kosambi.

"Dalam aksinya, dan saat kita introgasi, pelaku mengaku seorang diri saat beraksi melakukan pencurian. Saat ini pelaku masih kita periksa dan kita kembangkan lagi,"ujar Yuken lagi.

Diberitakan sebelumnya, sebuah akun facebook atas nama, Masa Zebua, memposting foto-foto tentang dirinya yang berada di Polsek Siantar Selatan,  Selasa (2/9/2018).

Tak hanya memposting foto-foto, pemilik akun juga menyertakan caption di akun facebook, pada Selasa (2/9/2018).

"Selasa, 2-10-2018: Membuat Laporan ke Kantor Polsek S.Selatan atas terjadinya Pembongkaran/Pencurian di Kantor Lurah Martimbang Kec.S.Selatan....Smoga Pelakunya dapat terungkap....( Barang yg hilang: Komputer 2 Unit merek Lenovo warna Putih, Beras Rastra 11 Karung@ 10 kg, Tas Warna Hitam berisi berkas)....mohon bantuan Bpk/Ibu informasinya apabila ada hal2 yg mencurigakan disekitar kita atau menemukan brg2 dimaksud....Trims...," tulis pemilik akun di laman facebook.

Diketahui, Kantor lurah di Kota Pematangsiantar kerap menjadi sasaran para pelaku pencurian.

Seperti halnya yang terjadi di Kantor Kelurahan Sumber Jaya, Kecamatan Siantar Martoba sebanyak 95 sak (Karung) beras sejahtra (Rastra) dicuri dan pelakunya berhasil dutangkap dan pihak keluarga pelaku mengganti beras yang dicuri.

Kejadian pencurian ini pun kembali terjadi dan kini, Kantor Lurah Martimbang, Kecamatan Siantar Selatan menjadi sasaran para pelaku pencurian.

Baca juga: Lurah ‘Curhat’ di Akun Sosmed Pribadinya, Pasca Kantor Kelurahan Martimbang Dibongkar Maling

Postingan itu pun telah ditanggapi oleh warganet sebanyak 82 kali dan wargaet juga mengomentari postingan tersebut sebanyak 40 komentar.

Dari sekian komentar, banyak warga net yang prihatin dan bersimpati seperti halnya akun Facebook di bawah ini.

@_ Feliz Gracia marung ; Semoga pelaku cepat dapat pak lur, tapi kurasa gak orang jauh itu pak, paling tidak yang tau posisi kantor lurah kita, mulai sekarang bapak harus waspada, sabar ya pak.

@_ Mida Butarbutar ; Sabar ya pak lurah.semoga pencurinya cepat sadar dan menyerahkan diri ke pak polisi.itu doa dan harapan kita.

@_ Iwan Manihuruk ; bah...semoga pelakunya segera ditangkap pak lur...yang sabar ya pak lur...

Dari sekian komentar, warganet juga menyertakan komentar yang meminta pihak Kepolisian melakukan patroli.

@_Erwin Simanjuntak ;  Hayo pak kapolsek beserta jajarannya rutinlah berpatroli...demi kenyaman masyarakyat kec.siantar selatan khususnya....selamat bertugas...

@_ Hera Biring ; Bah ngeri x y bang, semoga pelakunya cepat dapat y bang dan barang yg hilang juga semoga diketemukan

@_ Zendrato Zend Soniman ; Semoga polsek siantar selatan segera menangkap pelakunya ya pak lurah..

@_ Sinaga Parhobas ; Bah da mulai rawan,, semoga pelaku ny dpt tertangkap y Pak lurah... Sabar lah Pak!!!

@_ Minar Sinaga ; Sabar ya pak lur,smoga cpt dpt malingnya.

@_ Robertson Hutagaol ; Turut prihatin semoga pihak polsek dapat segera menangkap para pelaku

@_ Lucy Tambunan ; Waduh... Padahal dekat dgn kantor Polsek Siantar Selatan ya...apa gak ada patroli ya???

Kini pihak kepolisian Polsek Siantar Selatan telah melalukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di Kantor Lurah Martimbang.

Aksi pencurian tersebut berlangsung malam hari dan pelaku pencurian masuk dengan merusak pintu dan mengambil barang-barang.

Sementara itu, Kapolsek Siantar Selatan, Iptu Rudi Panjaitan saat dihubungi Hetanews.com, via telepon, membenarkan pihak kelurahan sudah membuat laporan polisi.

"Sudah kita terima laporannya. Tadi sudah jugak kita lalukan olah TKP di Kantor Lurah," pungkas Kapolsek saat dihubungi.

Penulis: hza. Editor: gun.