Wed 17 Oct 2018

Choir Nasution : Mantan Napi Korupsi akan Tetap Dimasukkan ke DCT, Tapi Ada Syaratnya

Simalungun,hetanews.com- Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Simalungun, Choir Nasution, mengatakan, bahwa calon legislatif (caleg) yang merupakan mantan napi korupsi akan tetap dimasukkan ke daftar calon tetap (DCT).

Namun ada syaratnya, yaitu mengajukan sengketa adjudikasi di Bawaslu dan hal tersebut juga berdasarkan keputusan Mahkamah Agung (MA) yang membolehkan mereka menjadi caleg.

"Kita sudah menggelar sidang adjudikasi antara pemohon DPC Partai Hanura Simalungun dan termohon, KPU Simalungun, Dan hasilnya, mengabulkan permohonan pemohon sebagian, bagi caleg yang terindikasi mantan napi (korupsi), itu diperbolehkan dimasukkan kembali,"kata Choir Nasution, di kantor Bawaslu Simalungun, Jalan Rambing-Rambing, Kecamatan Siantar, Kamis (11/10/2018).

Dia menyebut, nama-nama caleg mantan napi korupsi tersebut juga harus melalui beberapa persyaratan.

Seperti halnya, telah mengumumkan statusnya kepada masyarakat. "Kalau semua syarat lain sudah terpenuhi, caleg yang mantan napi koruptor itu boleh dimasukkan kembali selama mereka memenuhi syarat-syarat lain,"ucapnya.

Kembali Choir menjelaskan, caleg mantan napi yang telah mengajukan ajudikasi di Bawaslu, langsung diakomodir oleh KPU. Misalnya Bonar Zeitsel Ambarita, caleg Partai Hanura Kabupaten Simalungun. "Dan sampai saat ini, hanya Pak Bonar Zeitsel Ambarita yang mengajukan sengketa adjudikasi ke Bawaslu Simalungun,"jelas ketua Bawaslu Simalungun ini.

Waktu 7 Hari

Kendati begitu, dia menyebutkan, pihaknya juga memberikan waktu selama tujuh hari untuk KPU Simalungun membuat regulasi penerimaan berkas dan verifikasi terhadap Bonar Zeitsel Ambarita, apabila semua berkas syarat calon dan pencalonan sudah sesuai dengan peraturan perundang – undangan, maka KPU Simalungun agar membatalakan SK penetepan DCT yang sudah diterbitkan dan menerbitkan DCT yang baru. Dimana di dalamnya terdapat nama Bonar Zeitsel Ambarita.

"Setelah hari ini, mari sama - sama kita lihat dan awasi mulai hari ini. Maka tujuh hari dengan perhitungan hari kerja akan ada penetapan dan SK DCT yang baru," tandasnya.

 

 

 

 

 

Penulis: gun. Editor: gun.