Tue 11 Dec 2018

Seleksi Direksi PDAM Tirta Lihou Kemungkinan Bisa Diulang

Gidion Purba. (foto/tom)

Simalungun,hetanews.com- Seleksi jajaran direksi PDAM Tirta Lihou yang sudah dilantik oleh Bupati Simalungun, JR Simalungun, masih terus menjadi polemik, karena adanya indikasi kejanggalan.

Hal itu langsung ditanyakan kepada Sekda Kabupaten Simalungun, Gidion Purba, Kamis (11/10/2018). Kepada hetanews.com, dia menyatakan, seleksi tersebut adalah hasil penilaian dari panitia seleksi (pansel).

"Itukan hasil penilaian pansel, dan sudah diberikan kepada kita," katanya.

Terkait soal Permendagri yang menyebutkan harus 15 tahun bekerja di luar struktural PDAM, dan apakah pansel tidak melakukan verifikasi faktual? Gidion menanggapinya, bahwa Pemkab Simalungun menganggap pansel adalah orang-orang profesional.

"Kita menganggap pansel itu bekerja secara profesional, jadi secara pribadi, saya tidak ada memeriksanya,"ucapnya.

Ditanya lagi, apakah dirinya juga tidak memeriksa hasil verifikasi faktual pansel? Gidion mengaku tidak melihat hal tersebut.

"Saya tidak sampai melihat kesitu, pokoknya hasil kerja pansel, diserahkan kepada Bupati, kemudian Bupati meng- SK-kan berdasarkan hasil kerja pansel,"paparnya.

Soal Permendagri tersebut, hetanews menanyakan, apakah Sekda sendiri mengatahui hal tersebut? Gidion mengaku mengetahuinya, namun dia menyerahkan seluruhnya kepada pansel.

Baca juga: Pengangkatan Betty Sinaga Langgar Permendagri, JAMAN: Itu Kesalahan Fatal!

"Tau sedikit, bahwasannya itu harus ada, tapi kita serahkan kepada pansel karena kita menganggap pansel itu lebih profesional,”akunya.

Sebagai pemilik perusahaan daerah (PD), apakah Bupati juga tidak melihat hasil verifikasi faktual dari pansel tersebut?, tanya wartawan kembali.

Gidion pun mengatakan, kemungkinan Bupati tidak melihat hal tersebut. "Tidak melihat mungkin, tapikan beliau melihat apa laporan pansel itu yang di SK-kan,"katanya.

Ditanya, apakah kemungkinan hasil tersebut dapat dievaluasi kembali? Gidion menegaskan, hal itu kemungkinan bisa terjadi.

"Kemungkinan sih bisa-bisa aja, kalau memang harus sesuai peraturan yah bisa-bisa saja,"katanya.

Penulis: tom. Editor: gun.