Wed 17 Oct 2018

Bantu Korban Gempa & Tsunami Palu, Kodam I/BB Kirim 8 Tim Medis

Karumkit TK II Putri Hijau Kesdam I/BB, Kolonel Abdullah Sp.THT saat memberi keterangan dengan awak media, Kamis (11/10/2018). (foto/dian)

Medan, hetanews.com - Bencana gempa dan tsunami yang menelan korban ribuan warga di Donggala, Sigi dan Palu, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) masih menjadi pusat perhatian berbagai pihak. 

Salah satunya Kodam I/BB yang telah memberangkatkan sebanyak delapan tim medis ke lokasi bencana.

"Kami berangkat dengan satu orang dokter ortopedi yaitu Mayor dr. Kurniawan Silalahi SPot, dokter anastesi, dokter penata anastesi dan perawat. Kami berangkat ke Palu naik pesawat dari Suta akhirnya transit dari Balikpapan menunggu pesawat Hercules,"  jelas Karumkit TK II Putri Hijau Kesdam I/BB, Kolonel Abdullah Sp.THT, Kamis (11/10/2018).

Dijelaskannya, sesampainya di Palu, pihaknya bersandar di Rumah Sakit Undata, Palu. Kemudian tim medis menangani kasus fraktur terbuka dan tertutup. Dengan melakukan pengobatan kepada pasien.

"Kondisinya saat kita di sana masih memperihatinkan, masih banyak korban yang belum ditemukan karena tertimpa reruntuhan gedung-gedung tinggi. Salah satunya gedung Ramayana," katanya.

Sementara itu, dalam waktu ini sesuai arahan pusat, tanggap darurat bencana akan segera selesai. Namun pihaknya rencananya dari tim Kodam I/BB akan memberikan bantuan sesegera mungkin untuk membantu para korban yang tertimpa bencana. Mulai obat-obatan dan baju layak pakai.

Penulis: dian. Editor: anto.