HETANEWS

Ini Kondisi Lapangan Adam Malik Siantar yang Sering Diincar

Lapangan H Adam Malik sebelum digelar pertunjukan hiburan. (foto/gee)

Siantar,hetanews.com- Sesuai dengan fungsinya, lapangan H Adam Malik dapat digunakan sebagai tempat kegiatan. Hal itu ditegaskan Kabag Hukum Pemko Siantar, Herry Oktarizal, saat dikonfirmasi Hetanews.com, terkait pemakaian lapangan H Adam Malik, Senin (8/10/2018).

Herry menjelaskan, fungsi lapangan H Adam Malik diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) No.15 Tahun 1989. Perda tentang nama dan fugsi lapangan H Adam Malik itu, tertuang pada pasal (3).

Sesuai dengan prodak perundangan - perundang undangan tersebut, jelas Oktarizal, lapangan tersebut berfungsi untuk kegiatan upacara kenegaraan, kegiatan keagamaan, pesta budaya dan kegiatan masyarakat.

Namun sejauh ini, Herry belum dapat merinci, apakah perda tersebut sudah digantikan dengan perda yang terbaru. Dan apakah biaya yang dikenakan pada kegiatan di Adam Malik itu tergolong dalam retribusi daerah.

Disisi lain, kondisi lapangan H Adam Malik sampai saat ini cukup memprihatinkan. Belum lama ini, lapangan kebanggaan warga Siantar itu tergenang air saat hujan melanda. 

Air hujan yang tumpah ke tanah tidak terserap lagi karena pembuangan air tidak diketahui kemana arahnya. Meski demikian, lapangan H Adam Malik masih kerap diincar untuk tempat kegiatan panggung hiburan. 

Upaya Pemko untuk memberdayakan lapangan itu sebagai ruang publik tampaknya tanggung-tanggung.

"Lapangan Adam Malik itu harusnya diperhatikan. Kondisinya sekarang saat memprihatinkan, padahal dulu sempat mau dibuat bagus, rumputnya ditanami,"kata Ronal, warga Siantar.

Sebelumnya, Pemko pernah membenahi lapangan tersebut dengan menanami pepohonan di sekitar pinggiran lapangan. Tidak itu saja, Pemko juga membuat jalan setapak diantara pepohonan tersebut.

Penulis: gee. Editor: gun.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.