HETANEWS

Berawal Kecurigaan Petugas, Ribuan Liter Solar Ilegal Gagal Beredar

Medan,hetanews.com- Diduga ilegal, sebanyak 6.400 liter Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar, diamankan personil Polda Sumut. Dua orang sopir dan seorang pemilik minyak kini berada di Mapolda Sumut.

"Ya benar, ada 32 drum kaleng berisi 6.400 liter bahan bakar diduga solar ilegal diamankan Ditreskrimsus Polda Sumut dari  Jalan Lintas Medan-Banda Aceh, tepatnya di Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, seminggu lalu. Satu orang tersangka bernama Muhammad Yamin, berhasil diamankan bersama dua orang sopir,"ujar Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan kepada wartawan, Minggu (7/10/2018).

Pengungkapan minyak ilegal itu berawal dari kecurigaan petugas ketika mobil truk Mitsubishi Colt Diesel BK 9792 PI yang dibawa tersangka dengan dua orang supirnya (Kasmian Sinaga dan kernetnya Jumadi), melintas di Tempat Kejadiaan Perkara (TKP). Oleh petugas, kemudian dilakukan penyetopan dan melakukan pemeriksaan terhadap truk.

"Begitu diperiksa, ternyata sopir tidak melengkapi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) truk tersebut. Lalu, petugas mendapati sebanyak 32 drum minyak solar yang diduga ilegal dari belakang truk,"jelasnya.

Atas kejanggalan itu, petugas lantas mengamankan truk bermuatan minyak tersebut ke Mapolda Sumut, bersama tersangka dan sopirnya guna proses lebih lanjut.

Nah, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, tersangka Muhammad Yamin mengaku membeli minyak mentah dari masyarakat di Dusun Bukit Payung I, Desa Kwala Pesilam, Kecamatan Padang Tualang, Langkat yang kemudian akan dijual ke Hamparan Perak.

"Jadi untuk sementara modus oprandinya seperti itu, untuk tindak lanjutnya, kita akan melakukan pemeriksaan terhadap saksi ahli dari pihak PT Pertamina, BPH Migas, dan Diseprindag Kabupaten Langkat," tandasnya.

Penulis: adr. Editor: gun.