HETANEWS

Sama – sama Kantongi Izin, Antara Konser Judika dengan Kegiatan Keagamaan

Even Gala Catur Emas Road To The Master yang juga digelar di lapangan H Adam Malik. (foto/gee)

Siantar,hetanews.com- Dua kegiatan berlangsung pada hari yang sama dan sama – sama memiliki izin pemakaian lokasi yang sama pula, yaitu, Gala Catur Emas Road To The Master dan kegiatan Tabligh Akbar.

Kejadian ini tentu menjadi catatan ketidak tegasan pihak Pemko Siantar dalam menegakkan peraturan daerah (perda).

Jauh hari sebelumnya, kegiatan keagamaan (Tabligh Akbar) yang mulai digelar pada Rabu, 3 Oktober - Minggu 7 Oktober 2018 itu, telah menerima izin dari Pemko Siantar melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP).

Izin yang dikeluarkan dinas terkait, yaitu pemakaian tempat lapangan H Adam Malik, sesuai dengan rangkaian kegiatan keagamaan yang diselenggarakan MUI  Siantar. Dimana penutupan Tabligh Akbar ini akan digelar di Mesjid Raya, pada hari ini, Minggu (7/10/2018) sekira pukul 20.00 WIB.

Sementara pihak Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Siantar, mengakomodir even Gala Catur Emas Road To The Master yang juga digelar di lapangan H Adam Malik. 

Ketua KONI, Jayadi Sagala, mengaku even catur tingkat provinsi tersebut, menghadirkan artis ibukota, Judika Sihotang.

Even catur yang disponsori salah satu prodak rokok ini juga mendapat izin dari Pemko Siantar. 

Dengan mengantongi izin, panitia langsung mendirikan panggung serta sound system dan gelanggang untuk penonton. Judika dikabarkan akan manggung pada malam nanti.

Persiapan konser penyanyi solo, Judika di Lapangan H Adam Malik dinilai mengganggu Tabligh Akbar, di Mesjid Raya. Pasalnya, lokasi keduanya cukup berdekatan. 

"Sebenarnya kita tidak melarang acara itu. Karena itu juga kan hiburan untuk masyarakat Siantar. Tapi yang kita sayangkan, kenapa harus harinya bersamaan? "ujar Ketua PHBI, Natsir Armaya Siregar.

Armaya mengatakan, pihaknya telah berkomunikasi dengan Pemko Siantar untuk meminta agar acara Tabligh Akbar tidak terganggu gara-gara konser Judika. Permintaan tersebut pun diakomodir, dan dipastikan tidak akan gelar konser saat malam Tabligh Akbar.

"Orang Pemko juga gak tau kalau ada konser, setahu mereka yang ada gala catur," sebut Armaya.

Baca juga: Judika Sihotang Terancam Tak Manggung, Satpol PP Siantar Surati Panitia

Lantas, bagaimana mungkin izin yang dikeluarkan oleh Pemko atas kegiatan Gala Catur yang jelas jelas disponsori prodak rokok itu tidak ada konser? Sementara jauh hari sebelumnya, billboard (iklan) nya sudah dipajang dan panggung serta soundsytem sudah diatur?

Setelah munculnya penolakan atas konser Judika yang terselip di even Gala Catur, Pemko Siantar grasak-grusuk, apalagi setelah menerima desakan dari sejumlah masyarakat dan kalangan pemuka agama. Pemko Siantar gelar pertemuan dadakan bersama panitia dan instansi terkait.

Dengan itu, dentuman sound untuk Judika, di lapangan H Adam Malik belum terdengar hingga sekarang. Kemungkinan besar, fans dari artis pelantun 'Mama Papa Larang' itu akan kecewa luar biasa. 

Penulis: gee. Editor: gun.