Tue 11 Dec 2018

Mahkamah Agung Vonis Bebas Budi Tarigan Terdakwa Kasus Narkoba

Simalungun, hetanews - Mahkamah Agung memvonis bebas Budi Indra Tarigan alias Budi Tarigan, terdakwa kasus narkoba yang ditangkap Polres Simalungun. Budi sebelumnya divonis 5 tahun oleh hakim Pengadilan Negeri Simalungun.

Sidang putusan kasasi Budi dipimpin hakim Prof DR Surya Jaya SH M.Hum pada 29 Agustus 2018 di Jakarta.

Amar putusan menyatakan terdakwa tidak terbukti bersalah sebagaimana didakwakan jaksa. Selain dibebaskan dari dakwaan dan tuntutan jaksa, hakim juga memulihkan nama baik harkat dan martabatnya. Membebankan ongkos perkara kepada negara.                   

Kepastian vonis bebas tersebut diakui Panitera Muda Pidana Pengadilan Negeri Simalungun, Jhonatan Sinaga SH, Rabu (3/10/2018).

Sementara itu, pengacara Budi, Jhonli Sinaga SH mengaku sangat senang dan mengatakan sependapat dengan putusan Mahkamah Agung terhadap kliennya.                     

"Didalam eksepsi saya sebelumnya sudah saya minta agar hakim menyatakan dakwaan jaksa harus ditolak karena tidak cermat dan tidak tidak teliti karena tidak ada barang bukti sabu yang disita dari terdakwa," ujar Jonli kepada wartawan.

Sebelumnya, Hakim Pengadilan Negeri Simalungun diketuai Lisfer Berutu memvonis Budi Tarigan selama 5 tahun penjara karena diyakini terbukti menjual narkotika jenis sabu.

Putusan itu lebih ringan dari tuntutan jaksa Cristanto dan Daniel yang semula menuntut terdakwa selama 8 tahun penjara.

Penulis: ay. Editor: bt.
Komentar 1