HETANEWS.COM
CITIZEN JOURNALISM

Danramil 0815/10 Bekali Wasbang Pelajar SMAN 1 Bangsal

Danramil 0815/10 Kapten Inf Mujiono Saat Memberikan Materi Pancasila Bagi Pelajar SMAN 1 Bangsal, Mojokerto

Mojokerto, hetanews.com - Danramil 0815/10 Bangsal Kapten Inf Mujiono memberikan pembekalan materi Wawasan Kebangsaan bagi 100 Siswa/Siswi SMAN 1 Bangsal bertempat di SMAN 1 Bangsal, Desa Peterongan, Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto, Minggu (30/09/2018) sore.

Dalam materi bertajuk "Mewujudkan Pelajar Yang Nasionalis Berideologi Pancasila",  Danramil menjelaskan tentang Ideologi Pancasila yang merupakan nilai-nilai luhur budaya dan religius Bangsa Indonesia sekaligus sebagai pedoman dan pandangan hidup Bangsa Indonesai.

Masih papar Danramil, sebagai Ideologi Negara, Pancasila merupakan visi atau arah dari penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia demi terwujudnya kehidupan yang menjunjung tinggi nilai-nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, kesadaran akan persatuan dan kesatuan, berkerakyatan serta menjunjung tinggi nilai keadilan.

Sebelum negara ini berdiri, lanjut Danramil, para pendiri bangsa ini terlebih dahulu mengkonsep dan merumuskan nilai-nilai Pancasila dengan menggalinya dari nilai-nilai luhur yang berkembang dan menjadi pandangan hidup masyarakat nusantara, yakni adat istiadat kebudayaan dan nilai-nilai religius.

“Contoh nilai-nilai luhur yang sudah berkembang dimasyarakat dan dijadikan nilai-nilai luhur Pancasila, seperti budaya gotong royong, musyawarah dan mufakat. Pancasila sebagai Ideologi Negara sudah final karena terbukti mampu menjadi perekat untuk mempersatukan masyarakat Indonesia dengan segala keranekaragamannya, ” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Danramil juga menjelaskan tentang nasionalisme yang merupakan jiwa dan semangat Bangsa Indonesia yang akan terus melekat sepanjang zaman dan sepanjang Republik ini berdiri. 

Nasionalisme dapat diartikan semangat kebangsaan atau kecintaan kita terhadap tanah air yang menjadi tumpah darah. Jiwa dan semangat nasionalisme ini dapat diwujudkan melalui sikap cinta tanah air, mencintai produksi dalam negeri, mempertahankan kedaulatan dan keutuhan negara dari berbagai ancaman, termasuk menangkal ideologi lain di luar Ideologi Pancasila.   

Di akhir materinya, Danramil berpesan agar para siswa/siswi tidak mudah terpengaruh oleh ajakan, rayuan dan tipu daya pihak-pihak  yang tidak sepaham dengan ideologi Pancasila. “Konsentrasikan untuk belajar demi menggapi cita-cita sehingga kelak dapat mengabdi kepada orang tua, lingkungan, masyarakat, bangsa dan negara,” pintanya.   

Sementara Kepala Sekolah SMAN 1 Bangsal Suyono, S.Pd, M.MP.d, yang hadir beserta dewan guru, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Danramil Bangsal atas kesediaannya meluangkan waktu untuk memberikan pencerahan kepada para siswa-siswinya.  “Pembekalan materi Ideologi Pancasila bagi siswa-siswi SMAN 1 Bangsal ini dalam rangka Hari Kesaktian Pancasila,” tandasnya.

“Semoga para siswa/siswi akan lebih termotivasi untuk lebih memahami tentang Pancasila, menumbuhkembangkan sikap dan semangat cinta tanah air, nasionalisme serta menambah wawasan sebagai bekal para siswa di masa mendatang,” harapnya.    

Penulis: Anan Al-Karawangi. Editor: abn.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan