HETANEWS

Peringati Hari Kesaktian Pancasila di Asahan, Ini Peran Wabup dan Ketua DPRD

Wabup Asahan, H Surya saat bertindak sebagai irup peringati hari kesaktian Pancasila. (foto/heru)

Asahan, hetanews.com- Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang diwakilkan Wakil Bupati (Wabup), H Surya, bertindak sebagai inspektur upacara (irup), peringati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2018, di halaman kantor Bupati setempat, Senin (1/10/2018) pagi.

H Surya, membacakan sambutan tertulis Presiden RI, Joko Widodo, menegaskan, bahwa Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila, tanggal 1 Juni 1945 dan dipidatokan Soekarno, pada Piagam Jakarta, tanggal 22 Juni serta rumusan final Pancasila, tanggal 18 Agustus 1945.

“Itu merupakan jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara, sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita,”kata Surya.

Sementara Ketua DPRD Asahan, H Benteng Panjaitan, bertugas membacakan ikrar kesetiaan kepada Pancasila yang diikuti peserta yang  berhadir. 

Disampaikan Benteng Panjaitan, bahwa sejak diproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, pada tanggal 17 Agustus 1945, pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan, baik dari dalam dan luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kekurangan, dan adanya kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara.

Bahwa dengan semangat kebangsaan yang dilandasi oleh nilai – nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai – nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan, menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, kata Ketua DPRD.

Tampak hadir, Dandim O208 Asahan, Kapolres Asahan, Ketua Pengadilan Agama, Danlanal Tanjungbalai - Asahan, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, pimpnan OPD, Ketua KNPI Asahan, jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN), unsur FKPD dan sejumlah tokoh ormas dan pelajar.

Penulis: heru. Editor: gun.