HETANEWS

Remaja 13 Tahun di AS Kritis Akibat Digigit Hiu saat Berburu Lobster

Ilustrasi Hiu. (foto/ist)

Amerika Serikat, hetanews.com - Seekor hiu menyerang remaja laki-laki pada Sabtu (29/9/2018) pagi di pesisir Encinitas California Selatan, Amerika Serikat.

Awalnya, remaja usia 13 tahun tersebut sedang berpartisipasi dalam acara pembukaan musim menyelam untuk berburu lobster. Kemudian hiu mendekati dan menggigit tubuhnya.

Petugas informasi publik kota Encinitas, Lois Yum, mengatakan bocah itu kini sudah diterbangkan ke rumah sakit agar segera mendapat perawatan.

Juru bicara Rumah Sakit Rady Children menyatakan, korban yang tidak disebutkan namanya itu berada dalam kondisi kritis. Gigitan hiu membuat remaja laki-laki itu menderita luka parah pada bagian tubuh atas.

Menurut keterangan kapten penjaga pantai Larry Giles, korban diserang sekitar 137 meter dari pantai dengan kedalaman 2,7 meter. Saksi mata memperkirakan hiu yang menyerang korban memiliki panjang sekitar 3,5 meter, namun belum diketahui jenisnya.

"Pada saat ini, kami belum menerima laporan tambahan tentang keberadaan hiu di kawasan tersebut, namun kami menyarankan masyarakat tidak berada di laut," ucap Giles.

Setelah diserang hiu, korban masih dalam kondisi sadar ketika diselamatkan oleh orang-orang yang berada di dekatnya dan diangkut dengan helikopter.

"Ada sekitar 30 orang di dalam air, dan kemudian kami mendengar jeritan bocah. Saya pikir dia mungkin hanya digigit lobster pertamanya," kata Chad Hammel, salah satu penolong remaja itu.

Dengan perahu kayaknya, dia mendekati bocah tersebut dan mendapati hiu besar.

Perairan di tepi pantai ditutup dari La Costa Avenue di sekitar Pantai Ponto Selatan menuju di Pantai Swami selama 48 jam untuk memastikan aktivitas hiu. "Setelah kejadian, kami belum melihat keberadaan hiu sama sekali," ucapnya.
 

sumber: kompas.com

Editor: sella.