Medan, hetanews.com- Sebanyak 2.168 personel kepolisian, dikerahkan untuk mengamankan kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke-XXVII di Medan, sejak 2 hingga 15 Oktober 2018.

"Pengamanan itu kita lakukan terhadap orang dan tempat kegiatan. 2.168 personel kepolisian kita kerahkan," kata Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan kepada wartawan, Kamis (27/9/2018).

Nainggolan menyebut, pengamanan itu akan dilakukan kepolisian di tempat kegiatan yang tersebar di sejumlah titik atau lokasi di kota Medan dan penginapan kafilah serta rute (jalan) yang dilalui. Pengamanan juga dilakukan dengan mengerahkan kendaraan taktis (rantis).

Pengamanan itu melibatkan berbagai satuan dengan mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dengan didukung kegiatan intelijen dan penegakan hukum (gakkum). Beberapa satuan tugas (satgas) dibentuk untuk pengamanan itu.

"Dalam pengamanan itu kita membentuk beberapa satgas, seperti satgas kamseltibcar dan satgas tindak," pungkasnya.

Kegiatan MTQN XXVII yang akan berlangsung di gedung Serba Guna Provsu, rencananya akan dibuka langsung oleh Presiden RI, Jokowi, pada 6 Oktober mendatang dan ditutup  Wapres, Jusuf Kalla.