HETANEWS

Kominfo Siantar Akui Tidak Memberikan Izin atau Rekomendasi untuk Go-Jek

Penarik Go-Jek di Kota Siantar.

Siantar,hetanews.com- Pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Siantar  tidak memberi izin atau rekomendasi untuk pengoperasian Go-Jek, di kota Siantar. Hal yang sama juga dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Siantar.

Diketahui, PT Go-Jek cabang Siantar hanya mengantongi izin SIUP, bukan izin operasional dari Dinas Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Hal itu diketahui dari rapat pertemuan antara Komisi III DPRD Siantar, bersama Dinas Kominfo dalam pembahasan P-APBD 2018.

"Aplikasi Go-Jek adalah kewenangan kementerian bukan kewewenangan pemerintah kota, kabupaten maupun provinsi. Jadi dari sisi aplikasi tidak salah," kata Kadis Kominfo, Posma Sitorus, saat disinggung mengenai izin yang dikeluarkan kominfo untuk Go-Jek di Siantar.

Menurut Kadis Kominfo, pihaknya sama sekali tidak pernah mengeluarkan izin atau rekomendasin. Sejak beroperasinya Go-jek di Siantar, pihaknya sudah dua kali melakukan pertemuan. Dihadiri tim manajemen Go-Jek, Polres Siantar dan Dinas PTSP.

"Dalam pelaksanaaan dari sisi aplikasi, tidak ada kewenangan pemerintah kota maupun kabupaten untuk menyetop operasinya,"kata dia.

Baca juga: Izin GO-Jek Di Siantar Tidak Ada, Pemko Diminta Tinjau Ulang

Dari sisi aplikasi, izin operasi Go-Jek langsung melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi.

"Tidak ada rekomendasi dari Dinas Kominfo untuk itu. Karena itu adalah kewenangan kementrian komunikasi dan informasi,"sambungnya.

Polemik yang ditimbulkan atas beroperasinya transportasi online di kota Siantar, Komisi III berencana untuk lebih lanjut melakukan pertemuan dengan mitra kerja. 

"Agar lebih konfrehensif, maka duduk dulu bersama komisi. Membahas ini dengan mitra kerja, untuk mencari kesimpulan, atau langkah - langkah yang akan dilakukan," kata Tim Ahli Komisi III, Riduan Manik.

Penulis: gee. Editor: gun.