HETANEWS

Samsat Siantar Diterpa Soal Pungli, Biro Jasa atau Calo?

Kantor Samsat UPT Siantar (int)

Siantar, hetanews.com - Kantor Samsat UPT Siantar diterpa adanya dugaan pungutan liar (pungli) yang meresahkan wajib pajak (WP). Adanya biaya tambahan yang cukup tinggi dalam pengurusan administrasi oleh WP sendiri maupun memakai biro jasa.

Pertanyaannya benarkah mereka petugas biro jasa atau cuma modus alias calo?

Biro jasa bisa disebut lembaga/perusahaan yang memberikan layanan jasa non fisik/barang kepada pihak yang memerlukannya.

Biro jasa berbentuk badan usaha maupun perorangan. Didalam biro jasa, ada unit karyawan, selain juga pendiri dan owner-nya.

Baca juga: Pungli Diduga Merajalela di Samsat Siantar, Ini Pengakuan Warga

Biro jasa, dalam prakteknya, memberikan layanan yang menyangkut hal-hal yang masuk dalam ranah tertentu dan maka dari itu untuk keabsahannya. Salah satu contoh membayar pajak.

Kepala Seksi STNK Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Bayu Pratama Gubunagi, mengatakan pengurusan dokumen dan pajak kendaraan lewat biro jasa adalah perbuatan legal atau tak melawan hukum.

"Tidak ada aturan yang melarang pembayaran pajak maupun proses pembayaran kendaraan lainnya menggunakan biro jasa," kata Bayu kepada wartawan.

Baca juga: Menohok..! Ada Perbedaan Biaya Mengurus Perpanjangan STNK Antara Calo dan Pegawai Samsat

Ia menjelaskan, tak ada peraturan atau undang-undang yang melarang pengurusan surat dan pajak kendaraan lewat biro jasa. Beda halnya jika mengurus surat-surat lewat calo.

"Yang dilarang itu kan calo, mereka kan memotong antrean, memaksa. Kalau biro jasa tidak. Konsumen yang datang untuk meminta bantuan dan ikut proses antrean seperti lainnya," ujarnya.

Penelusuran awak media di kantor Samsat di Jalan Sangnawaluh, Kecamatan Siantar Timur, memang terdapat sejumlah pria bebas keluar masuk ruangan di kantor Samsat, mereka mondar-mandir sembari membawa sebuah tas.

Mereka juga terkesan lebih cepat mengurus berkas, seperti memilik 'jalur' tersendiri dan tak serupa dengan WP yang ikut antrean.

Masyarakat banyak menganggap jika mereka adalah calo, mengenakan seragam rapi dengan modus layaknya biro jasa.

Namun hal demikian disanggah oleh Kasat Lantas Polres Siantar AKP Hendro Wibowo. Ia yang dikonfirmasi banyaknya calo menegaskan kalau mereka benar benar petugas biro jasa.

"Itu bukan calo, tetapi biro jasa," katanya, Senin (24/9).

sumber: viva.co.id/ berbagai sumber

Penulis: bt. Editor: bt.