HETANEWS

Menohok..! Ada Perbedaan Biaya Mengurus Perpanjangan STNK Antara Calo dan Pegawai Samsat

Kantor Bersama Samsat Siantar. (Net)

Siantar,hetanews.com- Masyarakat yang tinggal di Kota Siantar maupun di Kabupaten Simalungun, bingung saat mengurus perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), di kantor pelayanan Satuan Manunggal Administrasi Satu Atap (Samsat) Kota Siantar.

Fernando (28) misalnya. Warga Kota Siantar ini menilai kutipan ketika mengurus perpanjangan pajak STNK tidak sesuai tarif sesungguhnya.

Hal tersebut diketahuinya, saat mengurus STNK kendaraan sepeda motor Yamaha Mio BK 3429 WAG miliknya dengan harga mengurus perpanjangan pajak di Pos Samsat seharga Rp 735 ribu.

Anehnya, sambung Fernando, ada terjadi perbedaan harga saat mengurus di Pos Samsat dengan calo. Harga dicalo relatif murah yakni seharga Rp 675 ribu.

"Heran di petugas, biaya perpanjang pajak STNK Rp 735 ribu. Tapi, sama calo Rp 675 ribu. Kenapa lebih mahal di petugas,"katanya, Senin (24/9/2018).

Hal ini pun membuat jukir yang nyambi menjadi calo tertawa setelah melihat perbandingan harganya.

"Tadi dibilang pegawainya, namanya Ratna, kasih aja Rp 735 ribu, nanti semua selesai. Dikasih juga nomor handphonenya,"
katanya.

Terkait hal ini, Kasatlantas Polres Siantar, AKP Hendro Wibowo, saat disinggung banyak calo di Samsat, ia menampik hal tersebut. Katanya, itu bukan calo tetapi petugas biro jasa.

Baca juga: Pungli Diduga Merajalela di Samsat Siantar, Ini Pengakuan Warga

"Itu bukan calo, tetapi biro jasa. Nanti ya, saya lagi di Medan," katanya.

Terpisah, KTU Samsat Siantar, Abdul Shomad yang dikonfirmasi Hetanews.com, mengenai biaya pengurusan perpanjangan STNK yang besar, belum mau memberikan komentar dan meminta untuk bertemu esok dengannya.

"Besok ya kita ketemu, soalnya lagi hujan deras ini,"pungkasnya dari seberang telepon.

Penulis: hza. Editor: gun.
Komentar 1