Tobasa,hetanews.com- Dalam meningkatkan sinergi antara Polri dengan instansi terkait untuk mewujudkan keamanan dalam negeri (Kamdagri) yang kondisif, khususnya di wilayah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), pihak Polres setempat, menggelar apel gelar pasukan operasi Mantap Brata  2018. 

Operasi ini diselenggarakan di seluruh Indonesia, sesuai arahan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Jenderal Polisi Prof H. Muhammad Tito Karnavian, di Mako Polres Tobasa, Rabu (19/9/2018).

Kapolres Tobasa, AKBP Elvianus Laoli dalam gelar pasukan, mengatakan, negara menjaminan keamanan penyelenggaraan berbagai agenda demokrasi, seperti menyampaian pendapat di muka umum, kemerdekaan berserikat dan berkumpul, serta jaminan keamanan dalam menyelenggarakan pemilihan langsung oleh masyarakat. Yaitu memilih, anggota legislatif, Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia serta kepala daerah, katanya.

“Kita perlu, mendeklarasikan pemilu damai  di masing-masing wilayah dengan mengikutsertakan elemen dan lembaga yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilu, khususnya diwilayah hukum Polres Tobasa yang digelar selama 397 hari, mulai 20 September 2018 sampai 21 Oktober 2019,”ujar Kapolres. 

Selanjutnya, yang perlu diperhatikan untuk menjaga kondusifitas Kamdagri di wilayah hukum Polres Tobasa, dipandang perlu memperkuat soliditas dan sinergitas TNI dan Polri guna mewujudkan Pemilu yang aman lancar dan damai.

Selain itu, TNI dan Polri perlu menjaga netralitasnya dalam penyelenggaraan setiap tahapan Pemilu.

Dengan mengedepankan langkah proaktif dengan mengoptimalkan pedeteksian dini, guna mengetahui dinamika yang berkembang di masyarakat.

Dan selanjutnya dilaksanakan upaya pencegahan dan penanganan secara dini, dengan mendorong seluruh elemen, KPU, Bawaslu, Caleg, Parpol dan masa pendukung, Pemda, media, tokoh masyarakat, serta pengawas Ppemilu independen untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diemban sesuai dengan peraturan yang berlaku, pungkas Kapolres.