Tebingtinggi,hetanews.com- Dua karyawan BUMN  PTPN IV Kebun Pabatu, Suherman Wijaya (46), warga Dusun IV Emplasmen Pabatu,  Desa Kedai Damar, Kecamatan Tebingtinggi, Sergai dan Suyatno (40), warga Dusun III Desa  Dolok Merawan, Sergai, dikabarkan tewas. Korban diduga hirup gas uap inti sawit, Rabu (19/9/2018), sekitar pukul 06.45 WIB, saat sedang bekerja, di pabrik pengolahan sawit PTPN IV Kebun Pabatu.

Menurut keterangan saksi yang melihat kejadian dan juga teman kerja kedua korban, Syarfruddin Harahap  (50), warga Dusun V Emplasmen Kebun Pabatu, pada wartawan saat di TKP, menjelaskan, bahwa sekitar pukul 06.45 WIB, korban Suyatno dan saksi  Syarfruddin Harahap, hendak mengukur stok persediaan inti sawit dengan cara membuka tutup lobang udara bungker penyimpanan sementara inti biji sawit. 

Polisi saat melakukan olah TKP lokasi kedua korban saat ditemukan tewas. (foto/david siman)

Namun pada saat itu, keduanya melihat korban Suherman sudah tergeletak dengan posisi telentang. Lalu oleh korban Suyatno, berusaha memberi bantuan kepada korban Suherman, namun Suyatno juga mengalami sesak nafas dan sempat pingsan yang diduga terhisap uap inti sawit yang ditumpuk. 

Tapi sebelumnya, aku telah mengingatkan dan melarang korban Suyatno agar jangan turun kebawah dulu untuk memberikan bantuan karena diduga udara di sekitarnya belum netral dan harus menungu sekitar 15-20 menit, namun korban Suyatno tetap turun sehingga ia langsung tergeletak dan pingsan diduga nuga karena terhirup gas uap tersebut, jelasnya.

Polisi memasang police line di TKP. (foto/david siman)

Melihat keduanya tergeletak, aku langsung menjerit memangil karyawan yang lain, dan selanjutnya oleh kami memberikan pertolongan kepada kedua korban dengan cara membawa kerumah sakit Pabatu, namun nyawa kedua korban tidak bisa di selamatkan dan telah meninggal dunia, terangnya lagi.

Mendapat laporan adanya korban tewas kecelakaan kerja, Waka Polres Tebingtinggi, Kompol V Siagian, Kabag Ops, Kapolsek Tebingtinggi, dan personil dari Tim Inafis Polres Tebingtinggi segera meluncur ke TKP guna untuk melakukan cek dan olah TKP.

Waka Polres Tebingtinggi, Kompol V Siagian pada warrawan di lokasi kejadian, membenarkan adanya 2 karyawan PTPN IV Kebun Pabatu tewas dalam kecelakaan kerja. Apa penyebab tewasnya kedua korban, masih dalam penyelidikan polisi, terang Waka Polres.