Asahan,hetanews.com- Satuan Komando Distrik 0208 Asahan, menggelar kegiatan pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat pada TW III TA 2018, di Ruang Data Kodim 0208 Asahan, Senin (17/9/2018).

Kegiatan ini, langsung dibuka Komandan Kodim (Dandim) 0208/Asahan, Letkol Arm Suhono, diwakili Pasiter, Kapten Arm Viktor B Hutagaol, personil siter, Sertu Erlangga Lubis, Batiwanwil, Babinsa jajaran Kodim, dan Dinas PU bidang RTRW dengan' jumlah peserta sedikitnya 90 orang.

Dandim 0208/AS, Letkol Arm Suhono, menyampaikan, bahwa dalam mengemban amanah UU RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, salah satu tugas TNI AD adalah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan, di darat dengan menyiapkan segala potensi dan sumber daya yang ada secara dini untuk kepentingan pertahanan negara, di darat.

Dalam sistem pertahanan semesta (Sishanta), TNI sebagai komponen utama yang juga mempersiapkan sumber daya nasional sebagai komponen cadangan dan komponen pendukung, katanya.

"Melalui pembinaan RTRW, kita tingkatkan sinergitas RTRW pertahanan darat dengan RTRW pemerintah daerah dalam mewujudkan keserasian, keselarasan, dan keterpaduan dalam pembangunan, demi kepentingan kesejahteraan dan pertahanan negara" tegas Dandim.

Adapun maksud dan tujuan kegiatan tersebut, untuk memberikan petunjuk/gambaran secara umum kepada satuan jajaran Kodim 0208 Asahan dalam melaksanakan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat di wilayahnya berjalan tertib, aman, lancar, serta mencapai hasil yang optimal.

Kegiatan sosialisasi pembinaan tata ruang wilayah pertahanan darat di satuan Kodim 0208 Asahan ini akan dilaksanakan selama dua hari hingga tanggal 18 September 2018.