HETANEWS

Ribuan Warga Tanjungbalai Ikrar Bersama Pemilu 2019 Aman, Damai dan Sejuk

Unsur Muspida Kota Tanjungbalai membaca pernyataan sikap/ikrar bersama mewujudkan Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk. (foto/ferry)

Tanjungbalai, hetanews.com - Ribuan masyarakat Tanjungbalai tumpah di Gedung Serbaguna Jalan Sudirman KM 4, Minggu (16/9/2018).

Mereka mengucapkan ikrar bersama dan pernyataan sikap untuk mewujudkan pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) 2019 secara aman, damai dan sejuk.

Walikota Tanjungbalai, M. Syahrial mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi Kapolres Tanjungbalai, AKBP Irfan Rifai tersebut. 

"Dengan deklarasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi terselenggaranya Pemilu 2019. Kepada semua tokoh untuk menjaga Tanjungbalai supaya kondusif tidak terjadi perpecahan antar umat beragama," imbau Syahrial. 

Pada kesempatan itu, Kapolres Tanjungbalai, AKBP Irfan Rifai meminta kepada semua warga agar saling bekerjasama menciptakan situasi yang aman, damai dan kondusif, untuk menjaga Kota Tanjungbalai tidak terprovokasi dengan aksi-aksi yang dapat menimbulkan perpecahan dan kerusakan. 

Kepada tokoh agama, alim ulama, para ustad/ustadzah agar dapat memberikan dakwah yang menyejukan, dakwah yang mendamaikan, mengarahkan masyarakat agar berbuat positif, menjadi hamba yang taat beribadah, berakhlaq mulia dan berguna bagi bangsa dan negara.

"Saya menitipkan pesan pada pemimpin partai politik dan masyarakat untuk menghindari menyebarkan semua berita atau isu  sebelum memerifikasi kebenarannya," pesan Kapolres. 

Selain perwakilan partai politik peserta Pemilu 2019, turut hadir tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda, FKUB, calon legislatif dan unsur masyarakat, KPU dan Bawaslu Kota Tanjungbalai.

Penandatanganan ikrar bersama mewujudkan Pemilu 2019 aman, damai dan sejuk. (foto/ferry) 

Acara diakhiri dengan penandatanganan pernyataan sikap/ikrar bersama oleh seluruh unsur Muspida Kota Tanjungbalai.

Berikut sikap/ikrar bersama mewujudkan Pileg dan Pilpres 2019 aman, damai dan sejuk:

  1. Kami segenap unsur Toga, Tomas, Toda, FKUB, Muspida Plus, KPU, Panwaslu, Partai Politik, Calon Legislatif dan Unsur elemen masyarakat bersama-sama menciptakan siskamtibmas yang kondusif di Kota Tanjungbalai.
  2. Kami warga Kota Tanjungbalai, menolak segala bentuk kampanye hitam denan isu SARA, Isu Hoax dan Ujaran Kebencian yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia.
  3. Kami warga Kota Tanjungbalai, menjunjung tinggi kerukunan dalam kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.
  4. Kami warga Kota Tanjungbalai bersama dengan Pemerintahan Kota Tanjungbalai, KPUD Kota Tanjungbalai dan Panwaslu Kota Tanjungbalai berandengan tangan untuk mensukseskan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden Republik Indonesia Tahun 2019 menjadi pemilih yang tidak golput dan menjadi pemilih yang cerdas.
  5. Kami warga Kota Tanjungbalai, akan terus menjaga keharmonisan dan kedamaian dalam menyongsong Pemilihan Umum Tahun 2019.
Penulis: ferry. Editor: anto.