Wed 14 Nov 2018

Polres Simalungun Rajin Tangkapi ‘Pemain’ Narkoba, Tokoh Pemuda Ini Bilang Begini

Marjo Situmorang, Wakil Ketua DPC GAMKI kabupaten Simalungun saat foto bersama Kapolres Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjaitan, usai audiensi persiapan pelantikan Pengurus DPC GAMKI kabupaten Simalungun, belum lama ini.

Simalungun,hetanews.com- Keseriusan Kapolres Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjaitan, bersama jajarannya dalam membasmi peredaran narkoba, di wilayah hukumnya benar – benar tidak diragukan lagi.

Terbukti, hampir setiap hari, Polres Simalungun melalui Unit Sat Narkoba dan Polsek, berhasil mengungkap peredaran barang haram tersebut, hingga menggulung para pelaku penyalahguna narkoba tersebut, mulai pemakai, kurir, pengedar dan bandar.

“Bahkan, catatan kasus di Pengadilan Negeri (PN) Simalungun juga menyebutkan, bahwa kasus narkoba yang paling banyak ditangani atau disidangkan ketimbang kasus kejahatan lainnya,”ungkap Marjo Situmorang, selaku tokoh pemuda di kabupaten Simalungun, menanggapi kinerja Kapolres Simalungun dalam meminimalisir peredaran narkoba di wilayah hukumnya, Rabu (12/9/2018) malam.

Hampir setiap harinya, lanjut Marjo, masyarakat kabupaten Simalungun disuguhkan berita pengungkapan narkoba, apakah itu sabu atau ganja.  Dan bahkan, para ‘pemain’ narkoba tersebut sudah banyak ditangkapi pihak Polres Simalungun, hingga dari kota Siantar, ujarnya.

Itu artinya, bahwa Polres Simalungun bersama jajarannya memang kerja keras dan mau berkorban, demi memerangi para penjahat narkoba yang jelas – jelas merusak generasi penerus. Dan kerja yang begitu dinamis tersebut, sangatlah wajar diapresiasi. Dan kita sebagai warga kabupaten Simalungun, sangat berterimakasih kepada Kapolres Simalungun dan jajarannya, ujar Marjo yang juga menjabat unsur Wakil Ketua DPC GAMKI kabupaten Simalungun ini.         

Agar kerja keras Polres Simalungun dalam mengungkap kejahatan narkoba tersebut tidak sia – sia, Marjo pun berharap agar pihak Kejaksaan Negeri (Kejari)  dan Pengadilan Negeri (PN) kabupaten Simalungun benar – benar bersinergi.

Baca juga: Ini Baru Seru, Lisfer Berutu yang Sudah jadi Hakim Biasa Diadukan ke Bawas MA

Baca juga: Kapolres Telepon Kajari Simalungun Soal Vonis Ringan Rita BD Sabu

Baca juga: Di PN Simalungun Pembeli Sabu Divonis 6 Tahun, Penjualnya 2 Tahun

Baca juga: Residivis Penjual Sabu Jadi Pengguna Hanya Divonis 12 Bulan

Baca juga: Parah, Ketua PN Simalungun 'Pemborong' Perkara

Baca juga: Perkara Masuk di PN Simalungun 7.306 Berkas, Tertinggi Perkara Narkotika

“Polisi kan sudah capek membasmi peredaran narkoba dan pihak Kejari maupun Pengadilan juga harus menunjukkan kesungguhannya dalam memberi efek jera bagi para pelaku penyalahguna narkoba. Istilahnya, jangan “main – main” saat memberikan tuntutan maupun vonis kepada para terdakwa kasus narkoba,”ujar Marjo Situmorang.

Karena menurut Marjo, jika jaksa dan hakim tidak serius saat menyidangkan para bandit narkoba tersebut, maka dipastikan kepercayaan publik terhadap lembaga penegak hukum itu akan pudar dan para terdakwa pasti tertawa.

“Maunya jangan sampai ada anggapan kalau hukum itu bisa dibeli,”tandas Marjo yang juga menjabat ketua LSM Karya.    

Dia pun yakin kalau publik pasti bisa menilai kinerja lembaga penegak hukum mana yang benar dan hal itu bisa dilihat dari kinerjanya, apalagi saat ini media selalu mengikuti informasi yang berkembang.       

       

 

 

 

  

 

 

 

Penulis: gun. Editor: gun.