Asahan,hetanews.com- Meningkatkan swasembada pangan, di Asahan, Kodim 0208/Asahan, membuat demplot tanaman, berupa padi, di lahan petani seluas 1,5 hektar yang berlokasi di desa Rawang Panca Arga, Pasar VI,  Kecamatan Rawang, Kabupaten Asahan.

Padi yang ditanam sejak 6 April, lalu, di lahan milik Kelompok Tani (Poktan) Sepakat, akhirnya dilakukan pemanenan bersama, pada Rabu (12/9/2018) dengan hasil yang cukup memuaskan, yakni, sebesar 11 ton. 

Panen bersama ini langsung dihadiri oleh Dandim 0208/AS, Letkol Arm Suhono, Pasiter Kodim 0208/AS, Kapten Arm Viktor B Hutagaol, Babinsa Koramil 18, dan UPT Dinas Pertanian dan PPL serta para petani Poktan Sepakat.

Proses pemanenan padi Kodim 0208/Asahan yang menggunakan lahan petani milik kelompok tani Sepakat. (foto/heru)

Dandim 0208/AS, Letkol Arm Suhono, mengatakan, pada panen kali, jangan langsung merasa puas, dan jangan berhenti sampai disini. Petani harus bisa lebih sejahtera dan terus bercocok tanam padi, agar swasembada pangan, khususnya di wilayah Asahan terpenuhi dan bisa menjadi swasembada pangan ke daerah lain.

Usai dilakukan pemanenan bersama, serapan gabah yang dilakukan Kodim  juga bekerjasama kilang padi dan Bulog Divre Kisaran.

"Kedepannya harapan Kodim 0208/AS,wilayah kabupaten Asahan dapat meningkatkan hasil padinya dan menjadi sumber lumbung padi di Sumatera Utara,”ungkap Dandim.