HETANEWS

Soekirman Hadiri Diseminasi Iptek LIPI 2018 di Tanjung Beringin

Soekirman menyerahkan bibit pohon mangga dan jambu kristal kepada para peserta kegiatan. (foto/sutrisno)

Sergai,hetanews.com- Bupati Sergai, H Soekirman meghadiri diseminasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Tahun 2018, di halaman Kantor Camat Tanjung Beringin, Rabu (12/9/2018) siang.

Bupati dalam sambutannya, mengatakan, terdapat 31 urusan wajib pemerintah. Yang pertama adalah urusan wajib pendidikan formal dan informal, tegasnya.

Mengenai teknologi, selain masyarakat belajar sendiri, juga diperlukan pihak lain untuk melakukan pendidikan. Seperti era revolusi 4.0 yang saat ini kita hadapi. Oleh karenanya, kami ucapkan terimakasih kepada pihak terkait yang sudah turun ke Sergai membantu tugas pemerintah daerah dalam hal pendidikan, katanya.

Saat ini, lanjutnya, ada dua generasi, yaitu, generasi milenial dan generasi old. Untuk menanggapi tantangan yang terjadi harus ada keselarasan, dalam hal ini LIPI membawa sumber daya bagi mental pendidikan dan pemikiran yang tinggi sehingga IPM akan tinggi. Saya berharap motivasi dari LIPI untuk mendongkrak agar IPM tinggi sehingga urusan wajib pendidikan tersebut bisa mencapai tujuan, kata Bupati.

Sementara Wakil Pimpinan LIPI,  Tommy Hendrix, menyampaikan, kegiatan ini mensosialisasikan program pemerintah pusat,  sehingga dapat bersinergi dengan pemerintah daerah. Hal ini menjadi titik tolak kedepan agar lebih optimal dan dapat diberdayakan di daerah, katanya.

Beberapa tahun belakangan ini, lanjutnya,  pihaknya telah melakukan desiminasi yaitu untuk melihat potensi yang dapat dikembangkan di Sergai dan dapat berkoordinasi, sehingga menjadi potensi yang dapat diimplementasikan disini.

Kemudian juga program LIPI terkait dengan Ipteknya yaitu teknologi tepat guna dapat dimaksimalkan oleh masyarakat untuk meningkatkan potensi daerah dan menjadikannya sebagai produk unggulan sehingga meningkatkan perekonomian daerah juga, ungkap Tomy.

Anggota Komisi VII DPR RI, H Abdul Wahab Dalimunthe, mengatakan, semoga dengan kehadiran LIPI di tengah-tengah kita, mampu menambah wawasan dan pengetahuan bagi para pelaku UKM maupun kelompok tani lainnya agar mampu bersaing pada era revolusi 4.0 ini.

Kegiatan ini diwarnai dengan paparan dari para narasumber LIPI serta pembagian 1000 bibit pohon mangga dan 1000 bibit pohon jambu kristal kepada para peserta. 

Penulis: sutrisno. Editor: gun.