HETANEWS

Ini Tanggapan Pengamat Transportasi Sumut Soal Kadishub Sebut Siantar Tak Miliki Terminal

Penjualan tiket Bus Intra di Jalan Pattimura, Pematangsiantar. (foto/hza)

Siantar, hetanews.com - Keberadaan Pool Bus Intra dan Bus Sentosa di Jalan Pattimura, Kelurahan Pahlawan, Kecamatan Siantar Timur, yang menjadi “biang” kemacetan ditangggapi Kepala Dinas Perhubungan Kota Siantar, Esron Sinaga.

Esron pun mengatakan, kemacetan terjadi kerena tidak adanya terminal. Mirisnya, hal itu disebut bukan lagi menjadi urusannya karena sudah pernah menyerahkan surat ke pusat (Mentri Perhubungan). Esron terkesan menyalahkan mentri perhubungan.

"Sarana lah belum siap. Jangan kami yang disalahkan. Terminal itu dulu kalian apakan sekali-sekali. Karena sudah pernah saya serahkan (surat) ke pusat (mentri). Dang urusanta bei (bukan urusan kita lagi itu)," ujarnya.

Ucapan Kadis Perhubungan yang menyebut tidak adanya terminal dibantah Pengamat Tranportasi Sumut, dari Lembaga Study Advokasi Transportasi Sumut, Sukrinaldi. Pasalnya, Kota Pematangsiantar memiliki terminal yang terletak di Tanjung Pinggir.

"Nah, walikota mengimbau kepada Dinas Perhubungan dan Satlantas untuk melakukan penertiban, agar tidak terjadi kemacetan. Difungsikanlah terminal yang ada di Tanjung Pinggir. Seperti di Medan, tidak ada lagi terminal liar, sudah dimasukkan ke dalam terminal Amplas," ujar Sukrinaldi kepada hetanews.com, Selasa (11/09/2018).

Terminal liar, lanjut Sukrinaldi merupakan tanggungjawab pemerintah daerah, di dalamnya termasuk Dinas Perhubungan. Selain itu, ia mengatakan kalau terminal-terminal liar yang mengakibatkan kemacetan di Kota Pematangsiantar lebih dikarenakan tidak adanya perhatian dari Pemerintah Kota (Pemko) Siantar.

Baca juga: Dishub Siantar "Acuhkan" Surat Kasatlantas

Baca juga: Pemko Siantar Komit Urus Kemacetan, Nyatanya masih Macet

Baca juga: Ada Terminal di Inti Kota Siantar, Kok Didiamkan?

 

Penulis: hza. Editor: anto.