Fri 16 Nov 2018

CNI : Siapa Betty Sinaga? Honor Pemkab 2008, 2018 Dirut PDAM Tirtalihou

Pelantikan Direksi PDAM Tirtalihou Simalungun. (foto dok).

Medan, hetanews.com - Penetapan Betty Rodearni Sinaga, SE menjadi Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirtalihou, menurut Cendikiawan Nusantara Institut (CNI) menyimpan teka teki, karna tidak masuk akal bila ditinjau dari sisi kompetensi dan track record karir yang bersangkutan.

Riady S. Siregar, M.Si, Direktur Penelitian CNI, yang ditemui di kantornya di kota Medan, Selasa (11/9/2018) menyebutkan, pengangkatan Betty Sinaga menjadi Dirut PDAM selain melanggar Permendagri, menunjukkan kepada publik bahwa tidak ada niat dari Pemkab Simalungun untuk memajukan perusahaan daerahnya, karna menunjuk orang yang tidak profesional di bidangnya.

Menurut data yang diperoleh dari Pemkab Simalungun, Betty Sinaga terdaftar menjadi pegawai honor pada tahun 2008 di Dinas Pariwisata Simalungun, sebelum menjadi anggota DPRD Simalungun di tahun 2014.

“Logikanya aja yahh, kalau memang dia orang yang berpengalaman mengelola perusahaan, untuk apa yang bersangkutan mau jadi pegawai honor,” cetus Riady.

Tidak mungkin, imbuh Riady, ada orang yang sudah nyaman bekerja tiba-tiba mau menjadi pegawai honor di institusi pemerintah, apalagi dengan kondisi lapangan pekerjaan yang minim saat ini.

Kemudian, lanjutnya, mengikuti pelatihan bersamaan waktunya ketika mengikuti test calon direksi, yang mana kemampuan beliau belum teruji karna baru lepas atau selesai pelatihan. Bukankah hal ini tidak menjadi perhatian dari tim sel yang menguji?" tanya Riady.

“Oke yang bersangkutan ikut pelatihan. Apakah sudah secara otomatis orang yang ikut pelatihan mahir dan mengetahui selak beluk permasalahan PDAM. Hasil pelatihannya aja belum teruji malah sudah jadi direktur utama. Ada udang di balik batu neh,” ujar Riady.

Karna itu, CNI meminta kepta tim sel untuk membuka ke publik persyaratan administrasi para calon direksi, agar semuanya menjadi terang benderang, dan ada apa dibalik pengangkatan Betty Sinaga jadi Dirut PDAM Tirtalihou diketahui publik? Untuk memajukan atau untuk apa?" tutup Riady, seraya mengucapkan mereka fokus mengungkap tabir ini ke publik.

Penulis: tim. Editor: anto.