Siantar,hetanews.com- Semarak reuni perak angkatan 93, Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Siantar, yang digelar di 2 tempat berbeda, selama satu hari penuh, Sabtu (8/9/2018), mulai sekitar pukul 07.30 WIB hingga pukul 24.00 WIB, berlangsung dengan suasana penuh keakraban dan persaudaraan, antara para alumni, kepala sekolah, para guru, pensiunan guru dan para pelajar.

Dengan mengusung thema, "We are Family", rangkaian acara diawali oleh para alumni yang berjumlah kurang lebih 250 orang itu, mendatangi SMA Negeri 2 yang terletak di Jalan Patuan Anggi Siantar dan langsung disambut hangat oleh kepala sekolah, Hasbiansyah Sinaga, para guru dan pelajar, di halaman sekolah tersebut.

Saat berada di tempat mereka mengenyam pendidikan itu, para alumni yang kini sudah menginjakkan usia di atas 40 tahun, memberikan sekapur sirih, berupa bimbingan dan motivasi bagi para pelajar yang kini masih duduk mengenyam pendidikan di sekolah kebanggaan para alumni angkatan 93 tersebut.

Selain memberikan bimbingan dan motivasi, para alumni juga memberikan bantuan komputer untuk sekolah, yang diharapkan dapat dimanfaatkan oleh sekolah dalam meningkatkan prestasi para pelajarnya.

Dan sebagai rasa terima kasih dan apresiasi terhadap para guru yang telah mendidik mereka 25 tahun yang lalu, para alumni juga memberikan bingkisan kepada para guru-guru mereka yang saat ini sudah memasuki masa pensiun.

Setelah usai menggelar acara di sekolah, sekira pukul 17.00 WIB, rangkaian acara perayaan reuni, dilanjutkan di Hall Convention Sapadia Hotel Siantar, dengan diisi berbagai materi acara. Diantaranya aksi dan penampilan para alumni dan pembagian hadiah bagi para alumni sendiri. Walaupun hanya memberikan hadiah-hadiah yang dinilai tidak terlalu mahal, namun justru membuat acara semakin meriah dan penuh persahabatan.

"Acara reuni perak kami ini, merupakan kegiatan yang sengaja kita buat dengan konsep, dari kita oleh kita dan untuk kita. Kami berharap kegiatan ini dapat menumbuh kembangkan tali silaturahmi dan persahabatan diantara kami," terang salah satu alumni, Organizing Commite (OC) Reuni Perak SMA Negeri 2 Angkatan 93, Parolan Sidauruk, yang saat ini menjabat sebagai Camat Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun.

Ketua Steering Commite (SC) Reuni Perak, AKBP Marudut Liberty Panjaitan, saat ditemui wartawan, menyampaikan apresiasi kepada para panitia yang telah menyelenggarakan acara dengan begitu apik dan penuh persahabatan dan kekeluargaan. Sehingga setelah 25 tahun, mereka terpisah untuk menempuh karier dan membuat keberadaan mereka berjauhan satu dengan yang lainnya, kini acara tersebut membuat mereka bertemu di kota Siantar.

"Teman-teman kami para alumni angkatan 1993, selain yang berada di luar negeri, Kuwait dan Belanda, juga yang berada dari Papau, Pulau Kalimantan, Pulau Jawa, Batam dan Pulau Sumatera, sengaja datang kemari berkumpul dengan kami semua untuk melepas kerinduan setelah lama terpisah," terang Liberty, alumni Kelas Fisika 3.

Diharapkannya, kedepannya kegiatan serupa dapat dijadikan agenda tahunan untuk meningkatkan tali persaudaraan dan persahabatan. Dengan terjalinnya tali silaturahmi, ikatan komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi dapat terus dijalin. Sehingga kedepannya dapat secara bersama-sama bekerja secara maksimal, dan dapat menjadi panutan bagi generasi penerus untuk Indonesia lebih maju, pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Organizing Commite (OC) Reuni Perak SMA Negeri 2 Angkatan 93, Bona Eriel Sitorus.

Katanya, dengan acara ini, momen kenangan masa lalu, kini setelah 25 tahun semuanya sudah memiliki status yang berbeda, namun di acara reuni semuanya seperti sahabat dan keluarga. Suasana keakraban dengan diselingi senda gurau, sehingga tampak meriah dan penuh dengan keakraban walaupun status, profesi dan latar belakang saat ini berbeda.

Diharapkannya, suasana dengan penuh persaudaraan dan kekeluargaan serta tali silaturahmi dapat terus terjalin diantara para alumni angkatan 93, sehingga kedepannya dapat tetap saling berbagi, saling membantu, saling mendukung baik dalam suasan suka maupun duka diantara para alumni angkatan 93, SMA Negeri 2 Siantar, tandasnya.

Pada kesempatan itu, kepala sekolah SMA Negeri 2 Siantar, Hasbiansyah Sinaga, mengucapkan terimakasih kepada para alumni yang begitu peduli terhadap sekolah, guru dan para pelajar. Yaitu lewat adanya pemberian bantuan ke sekolah dan motivasi yang diberikan pada para pelajar.

“Kita bangga dan salut, karena para alumni dari sekolah ini masih tetap memberikan waktu dan perhatiannya untuk memotivasi para pelajar, mengingat jasa para guru dan memberikan bantuan ke sekolah. Semoga mereka selalu diberikan kesehatan dan rezeki dari Tuhan,”ujar Hasbiansyah terharu.