HETANEWS

Porman Siregar Gantikan Sukardi Sianturi Jabat Kalapas Klas II A Siantar

Kalapas Klas II A Siantar yang baru, Porman Siregar saat diulosi para pegawai sebagai ungkapan selamat datang dan selamat bertugas. (foto/ayu)

Simalungun,hetanews.com- Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenhumkam, Abdul Aris, melantik Porman Siregar, sebagai Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Klas II A Siantar, Kamis (6/9/2018). Dia menggantikan M Sukardi Sianturi yang dimutasi dan promosi ke Lapas Rantauprapat.

Selain serah terima jabatan (sertijab) Kalapas Siantar, Kadiv Pas Kanwil, juga melantik Kalapas Klas II B Tebingtinggi dan Kepala Rutan Kabanjahe. 

Acara sertijab dan pisah sambut, dihadiri segenap Uspida Siantar-Simalungun dan juga jajaran Lapas dari Padang Sidempuan, Tebingtinggi dan Kabanjahe.

Sukardi Sianturi yang cukup dekat dengan mitra pers, mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik kepada semua pihak. "Selama bertugas kurang lebih 4 tahun, banyak kesan dan pesan yang menjadikan pengalaman berharga buat saya,"kata Sukardi.

Sukardi juga meminta maaf kepada seluruh pegawai dan jajaran Lapas, para jaksa dan kedua Pengadilan Negeri Siantar-Simalungun, jika ada kesalahan.

Sementara pejabat yang baru dilantik, Porman Siregar yang sebelumnya menjebat Kalapas di Padang Sidempuan, sangat berharap agar kerjasama yang baik dan sudah dijalin oleh pejabat lama agar terus dilanjutkan. "Mohon dukungan semua pihak agar Lapas Klas IIA Siantar semakin baik lagi,"kata Siregar.

Kadis Pas Kanwil Menkumham dalam paparannya, menjelaskan kondisi lapas yang ada saat ini, yaitu rata-rata over kapasitas. Untuk mengantisipasi ini, sebagai aparat terkait kita terus melakukan pembinaan, pengawasan dan pengamann yang maksimal. Tentu saja dengan bantuan berbagai pihak seperti TNI dan Polri melalui Brimob yang sering diminta bantuannya, ujarnya.

Sebab untuk pembangunan lapas diperlukan biaya yang sangat tinggi. Kita berupaya memberikan pelayanan yang baik, terutama air bersih dan makanan yang layak bagi napi, tandasnya.

"Jika bisa, setiap tahanan yang sudah vonis dikeluarkan, biar lapas tidak penuh, tapi peraturan tidak seperti keinginan kita,"katanya.

Pelayanan masyarakat seperti pemberian asimilasi, remisi, PB, CB dan lainnya telah berjalan dengan sistem online sehingga mempermudah proses pelayanan, ujarnya.

Acara sertijab  ditandai dengan penandatangan berita acara dan pemberian ulos kepada pejabat lama dan pejabat baru.

Penulis: ay. Editor: gun.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.