HETANEWS

Dalam 2 Minggu, 4 Pencuri Lintas Siantar-Parapat Dibekuk Polres Simalungun

Keempat tersangka yang dibekuk Unit Jatanras Polres Simalungun. (foto/zai)

Simalungun,hetanews.com- Satuan Reserse Kriminal Polres Simalungun, yaitu Unit Jatanras berhasil meringkus 4  pelaku kejahatan pencurian lintas Siantar - Parapat Km. 20, Nagori Dolok Parmonangan, Kecamatan Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun, Rabu (5/9/2018), lalu.

Bermula dari kejadian pencurian yang terjadi di wilayah hukum Polsek Dolok Panribuan, sesuai Laporan Polisi Nomor: LP / 23 / IX / 2018 / SU / SIMAL / DOPAN, 1 September 2018 dan Laporan Polisi: LP / 22 / VIII / SU / SIMAL / DOPAN Tanggal 23 Agustus 2018. Unit Jatanras Sat Reskrim Polres Simalungun langsung bekerja keras, membantu mencari para pelaku pencurian tersebut.

Kejadian pencurian tersebut, terjadi sebanyak 2 kali, yaitu pada hari Sabtu (1/9/2018), sekira pukul 11.40 WIB, di Jalan Siantar-Parapat Km.20, Nagori Dolok Parmonangan  dan pada hari Rabu (22/8/2018), lalu, sekitar pukul 20.30 WIB, di Jalan Lintas Siantar – Parapat, Km 28, Nagori Pondok Bulu, Kecamatan Dolok Panribuan.

Barang bukti perhiasan yang disita Polisi. (foto/zai)

Keempat tersangka yang berhasil diringkus, yaitu, inisial (LS) alias Kresek (45), DL  (35), JT (35), dan RS (45).  Sedangkan barang bukti yang diamankan dari keempat tersangka, berupa 1 (satu) unit HP warna hitam merek samsung J5, dan perhiasan anting berlian.

Kasat Reskrim Polres Simalungun, AKP P Simbolon, melalui Kanit Jatanras Iptu HB. Siahaan, membenarkan penangkapan keempat pelaku pencurian, di jalan lintas Siantar-Parapat tersebut, yaitu pada Rabu (5/9/2018), sekira pukul 20.00 WIB.

Petugas yang telah mengantongi keberadaan salah seorang tersangka langsung melakukan pengejaran hingga ke Spg. Medan Jalan Lintas Tebingtinggi-Medan dan petugas melihat 1 orang yang ciri-cirinya identik dengan pelaku dan langsung mengamankan pria tersebut dan mengaku inisial LS.

Barang bukti HP yang disita Polisi. (foto/zai)

Usai menginterogasi, LS mengakui perbuatannya melakukan pencurian sebanyak 2  kali, di Kecamatan Dolok Panribuan dan bersama ketiga orang temannya.

Mendengar pengakuan LS, Unit Jatanras Simalungun langsung melakukan pencarian terhadap tersangka lainnya hingga berhasil diamankan sebanyak 3 orang dari 3 tempat berbeda di Kota Siantar, beserta beberapa barang bukti, berupa HP merk Samsung Galaxy G 5 warna hitam dan perhiasan berlian.

Petugaspun melakukan pengembangan/pencarian terhadap barang bukti lainnya dan pada saat tersangka LS melihat ada kesempatan untuk melarikan diri, dia mencoba melarikan diri sehingga petugas mengambil tindakan tegas, berupa tembakan terukur yang sebelumnya melakukan tembakan peringatan sebanya 2 kali.

Setelah itu, pelaku LS dibawa ke RSUD Djasamen Saragih untuk pertolongan medis dan selanjutnya pelaku dan barang bukti dibawa ke kantor Sat Reskrim Polres Simalungun untuk proses lebih lanjut.

Penulis: zai. Editor: gun.