HETANEWS

Telusuri Sejarah Masjidil Haram Lewat Museum Ini

Museum Haramain di Ummul Joud, Mekah

Mekah, hetanews.com - Sebelum pulang ke Tanah Air, jemaah haji asal Indonesia maupun dari negara lain melakukan perjalanan religi atau ziarah ke tempat-tempat bersejarah di Mekah serta Madinah. Di Mekah banyak situs bersejarah, salah satunya adalah Museum Haramain, tempat dimana jemaah haji bisa melihat lebih dekat sejarah pertama kali Masjidil Haram.

Di Museum Haramain jemaah bisa menggali sejarah dan kecanggihan arsitektur di dua Masjid Suci, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Museum Haramain atau jika diistiilahkan berarti Museum Dua Masjid Suci.

"Di sini kita jadi tahu ini lho pertama kali sejarahnya Masjidil Haram dan Nabawi," ucap Ibu Aya, jemaah haji asal Jakarta.

Tempat-tempat yang bersejarah ini menyimpan berbagai benda-benda peninggalan agama Islam mulai dari zaman awal Islam mengalami perkembangan hingga abad modern ini.

Museum Haramain di Ummul Joud, Mekah

"Saya melihat pintu Ka'bah pertama kali dan Makam Ibrahim ada di sini. Kita bisa foto dengan benda-benda bersejarah ini," ucap Ibu Aya.

Museum ini masih berada di satu area dengan gedung pembuatan kiswah Ka’bah. Tepatnya berada di daerah Ummul Joud yang merupakan jalan menuju ke Hudaibiyah atau juga dikenal dengan Jalan Jeddah Gadim/Jalan Jeddah Lama. Butuh hampir setengah jam jika memulai perjalanan dari Masjidil Haram.

Museum Haramain ini termasuk menjadi salah satu bangunan kebanggaan bagi warga Arab. Ribuan jemaah haji dan umrah selalu menyempatkan berkunjung ke sini.

"Jemaah haji Indonesia paling senang ke sini. Mereka selalu mengambil dokumentasi foto dan video di sini. Masuknya juga gratis," ucap Subhan Cholid, Kabid Transportasi Mekah Madinah.

Meski ukurannya tidak terlalu besar, namun isi dari museum ini menjadi museum dengan karya seni yang menjadi miniatur kecil berisi kebudayaan dan peradaban Islam yang patut dikunjungi.

Di dalamnya jemaah haji juga dimanjakan dengan sejumlah foto-foto masa lalu Ka'bah, Masjidil Haram dan Nabawi.

Museum Haramain di Ummul Joud, Mekah

sumber: viva.co.id

Editor: sella.