HETANEWS

Pemko Siantar Pernah Gagal Melakukan Revitalisasi GOR

Suasana di dalam Gedung Olar Raga (GOR) Kota Siantar. (foto/gee)

Siantar,hetanews.com- Pemko Siantar tengah berupaya melakukan revitalisasi terahadap salah satu aset daerah yang dianggap dapat dioptimalisasi dengan pola bangun guna serah.

Aset Pemko tersebut, yaitu Gedung Olah Raga (GOR) dengan luas tanah  8.471 M2, di  Jalan Merdeka No. 375, Kelurahan Pardomuan, Kecamatan Siantar Timur. 

Rencanya, GOR tersebut akan dibangun dan dikelola menjadi Gedung Merdeka dengan properti gedung serbaguna, meliputi: basement, bisnis area, mezanine dan sport center, yang dengan nilai perkiraan investasi (NPI) minimal dari bangunan tersebut  Rp. 228.574.182.000,- dengan  nilai kontribusi minimal Rp. 20.770.157.000.

GOR semula bagian dari fasilitas umum yang berfungsi sebagai wadah masyarakat untuk melakukan kegiatan olahraga yang beroperasi sejak tahun 1976. Dari tahun itu, bisa dikatakan GOR merupakan salah satu gedung tua yang menjadi aset Pemko.

Akan tetapi, Pemko Siantar menilai, dikarenakan adanya perkembangan ekonomi serta lingkungan, dirasa fungsi dari gedung olahraga itu tidak semestinya. Baik fasilitas dan pengeloan tidak benar-benar difungsikan selama ini.

Baca juga: GOR Siantar Dibangun Ulang oleh Pihak Ketiga

Sementara alasan Pemko Siantar untuk melakukan revitalisasi dengan pola bangun guna serah (BGS), diakui karena tidak terlepas dari ketidak mampuan keuangan daerah.

"Dinilai secara fungsinya, belum layak menjadi fasilitas olah raga. Retribusi dari GOR selama ini pun tidak pernah tercapai,"jelas Kabag Humas Protokoler, Hamam Soleh, diamini Sekretaris Daerah, Budi Utari, saat temu pers, Kamis (30/8/2018), lalu.

Ternyata, rencana Pemko Siantar untuk memerevitalisasi GOR dengan pola BGS atau Built Operate Transfer (BOT) sudah diwacanakan sejak lama. BOT ini dirancang sejak tahun 2014. Namun selama dua tahun kemudian, prosesnya tidak dilaksanakan alias gagal. 

Saat ini, Pemko Siantar melalui Panitia Pemilihan Mitra Pemanfaatan Tanah Gedung Olah Raga dengan pola BGS, melaksanakan tender dengan prakualifikasi.  

Pendaftaran dan pengambilan dokumen kualifikasi dimulai pada hari Senin, 3 September 2018 sampai Senin, 10 September 2018 mendatang. 

Penulis: gee. Editor: gun.