HETANEWS

Naik Jip, Peraih Medali Asian Games Diarak Keliling Semarang

Peraih 2 medali emas dari cabor panjat tebing, Aries Susanti Rahayu menunjukkan medali saat hendak diarak keliling Kota Semarang, Selasa (4/9/2018).

Semarang, hetanews.com-Sejumlah atlet asal Jawa Tengah yang meraih medali saat Asian Games diarak keliling Kota Semarang. Sebelum diarak, para atlet mendapat bonus dari Pemerintah Jawa Tengah.

Peraih 2 medali emas dari cabang olahraga panjang tebing, Aries Susanti Rahayu menjadi penerima terbesar. Dara asal Kabupaten Grobogan itu mendapat bonus Rp 200 juta atas raihan 2 medali emas.

Sementara untuk peraih medali perak Rp 75 juta, medali perunggu Rp 50 juta, serta Rp 10 juta atlet yang gagal mendapat medali. Penyerahan tali asih dilakukan di kantor Gubernur Jawa Tengah, di Semarang, Selasa (4/9/2018).

Turut hadir PJ Gubernur Syarifuddin, Gubernur terpilih Ganjar Pranowo, Kapolda Irjen Condro Kirono, dan Sekda Jateng Sri Puryono. Ketua KONI Jawa Tengah Subroto mengatakan, dalam Asian Games, Jateng menyumbang 58 atlet dan 9 pelatih dari 21 cabang olahraga.

Mereka tersebar di 25 kabupaten/kota di Jateng. Dari jumlah atlet yang dikirim, 17 atlet di antaranya meraih medali. Yaitu 5 medali emas, 6 perak, dan 14 perunggu. "Pembinaan prestasi di tingkat kabupaten/kota, KONI cukup menggeliat. Jateng menyumbang atlet terbesar setelah Jabar, Jakarta, dan Jatim," ujar Subroto.

Sejumlah medali antara lain disumbang cabor seperti balap sepeda gunung, panjat tebing, wushu, soft tenis, bridge, dan bulu tangkis. "Jateng menyumbang 16 persen perolehan medali secara keseluruhan," tambahnya.

Setelah mendapat bonus dari Pemda, sejumlah atlet diarak dengan menaiki jip terbuka. Mereka berkeliling Kota Semarang disambut ribuan anak-anak sekolah, masyarakat, yang membawa bendera merah putih. Selain hari ini, pada 9 September 2018, para atlet akan dikirab di Solo, Jawa Tengah. 

 

sumber: kompas.com

Editor: sella.