HETANEWS

Pemuka Agama Siantar Diminta Sampaikan Khotbah dan Ceramah Menyejukkan

Ketua MUI Pematangsiantar, M. Ali Lubis. (foto/gee)

Siantar, hetanews.com - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Siantar, M. Ali Lubis meminta kepada pemuka dan tokoh agama untuk memberi ceramah maupun khotbah yang menyejukkan.

Hal itu disampaikan setelah Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) bersama Pemko Siantar menggelar pertemuan di Balaikota Siantar, Sabtu (1/9/2018). 

Pertemuan itu, kata Ali Lubis, turut membicarakan adanya dugaan provokasi yang mengancam kerukunan antar umat beragama oleh segilintir orang yang tidak menginginkan kerukunan dan kedamaian.

Dari hasil pertemuan tadi, jelas Ali, memohon kepada pemuka maupun tokoh agama agar menyampaikan khotbah atau ceramah yang menyejukkan saat ibadah.

"Kami dari tokoh agama mengimbau supaya jangan terprovokasi dengan itu. Kami sampaikan juga, jangan menyampaikan ceramah atau khotbah yang membuat orang tidak damai," kata Lubis kepada hetanews.com.

Menurut Ketua MUI Kota Siantar ini, hal yang berbau provokasi antar umat beragama sudah sering terjadi. Itu bertujuan mengusik orang supaya tidak nyaman dan terpancing untuk melakukan hal-hal yang tidak baik.

"Ini sudah sering terjadi, gak usah ditanggapi. Mereka adalah orang orang yang tidak ingin masyarakat aman untuk beribadah," imbuhhnya.

M. Ali Lubis menambahkan, provokasi kepada agama adalah upaya yang dilakukan oleh segelintir orang yang tidak ingin Kota Siantar ini rukun. Dengan cara mengusik-usik agama untuk memecah-belah toleransi yang sudah terjalin sejak lama.

Baca juga: Toleransi Siantar Mulai Diganggu, Seorang Ibu Dilempar dengan Kertas Berisi Kalimat Provokatif

Baca juga: Tulisan Provokatif Dibalut Uang Rp2 Ribu, Awalnya Dikira Ganja

Penulis: gee. Editor: anto.