HETANEWS

Bantah Ada Penyelewengan, Satgas Dana Desa di Sidamanik Peroleh Pujian Hangat

(Kanan ke kiri pembaca) Pangulu Nagori Manik Rambung, Ketua Tim Satgas Kemendes, PLD, dan ketua LSM FORMIKOM (pelapor) pakai topi pet, berwarna biru laut. (foto/zai)

Simalungun,hetanews.com- Bantah adanya penyelewengan penggunaan anggaran, maupun teknis, Satgas Dana Desa yang diturunkan Kementerian Desa (Kemendes) ke Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, mendapat pujian. 

Informasi dihimpun hetanews.com, Kamis (30/8/2018), bahwa pada Selasa (28/8/2018), lalu, Satgas Dana Desa yang dipimpin Muhammad Faturohman, terjun ke Nagori Manik Rambung, Kecamatan Sidamanik. 

Dalam sambutannya, dikatakan, Satgas Kementerian Desa terjun ke nagori tersebut dalam rangka melakukan monitoring karena adanya laporan masyarakat tentang pengelolaan Dana Desa. 

Sehingga tim Satgas Dana Desa diutus oleh Kemendes, melaksanakan kunjungan kerja untuk menindak lanjuti laporan pengaduan masyarakat, beberapa waktu lalu. Yakni sebanyak 12 nagori masuk dalam laporan. 

"Ada 12 Nagori di Kabupaten Simalungun yang masuk laporan pengaduan kepada tim satgas terkait pembangunan fisik dan administrasi dana desa. Tapi  yang kami kunjungi hanya 2 nagori saja," imbuhnya. 

Diantaranya, Nagori Manik Rambung, Kecamatan Sidamanik dan Nagori di Kecamatan Jorlang Hataran. Dan dari hasil monitoring dan evaluasi penggunaan Dana Desa, di Nagori Manik Rambung, Kecamatan Sidamanik bahwa dari lima titik pembangunan fisik, tidak ada penyelewengan dan sudah melalsanakan kegiatan penggunaan Dana Desa dengan benar sesuai per undang - undangan. 

"Hasil dari monitoring dan evaluasi penggunaan Dana Desa di Nagori Manik Rambung, yakni, di lima titik pembangunan fisik, tak ada penyelewengan, sehingga laporan pengaduan masyarakat terbantahkan,"ujarnya.

Apa yang disampaikan ketua tim Satgas Dana Desa ke publik itu pun langsung diapresiasi oleh Pangulu Nagori Manik Rambung, Saruddin Saragih dan berharap kedepannya lebih baik lagi. 

"Dengan adanya kunjungan ini, kami selaku perangkat desa/nagori, bisa lebih baik lagi untuk menggunakan dana desa. Mudah-mudahan dengan kunjungan ini kedepan bisa lebih baik lagi," ujarnya.

Gayung bersambut melontarjan pujian hangat atas hasil kerja Satgas Kemendes dalam mengevaluasi pemanfaatan Dana Desa Kabupaten Simalungun itu juga dilontarkan Camat Sidamanik. 

"Semoga dengan kunjungan ini, para Pangulu di Simalungun, khususnya Kecamatan Sidamanik bisa lebih baik lagi mengelolah penggunaan Dana Desa, ungkap Camat Sidamanik, Juliana F Simarmata.

Penulis: zai. Editor: gun.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.