HETANEWS

Update Sementara Klasemen Asian Games 2018, Indonesia Optimis Finish di Posisi Lima Besar

Pesilat Indonesia Sugianto pada upacara pengalungan medali final tunggal putra nomor seni pencak silat Asian Games 2018 di padepokan pencak silat Taman Mini, Jakarta, Rabu (29/8/2018). Sugianto berhasil meraih emas dengan nilai 471 disusul perak pesilat Thailand Ilyas Sadara dengan nilai 460 dan perunggu pesilat Filipina Almohaidib Abad dengan nilai 455.

Jakarta, hetanews.com - Hingga kini, Rabu (29/8/2018) pukul 16.25 WIB, kontingen Indonesia masih terus bertahan di posisi lima besar Klasemen Sementara Asian Games 2018.

Meski tinggal beberapa hari lagi, Indonesia terus menambah pundi-pundi medalinya pada ajang pesta olahraga terbesar se-Asia ini. Kontingen Indonesia terus menambah medali dari berbagai cabang olahraga (cabor) seperti Skateboard, Soft Tennis, dan juga Pencak Silat.

Hal ini diketahui dari unggahan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi yang terus mengumumkan perolehan medali kontingen Indonesia melalui akun Instagram-nya, @nahrawi_imam.

Hari ini, tiga medali emas sekaligus dipersembahkan oleh cabor Pencak Silat dari nomor Men's Single oleh Sugianto, nomor Women's Double oleh Ayu Sidan Wilantari dan Ni Made Dwiyanti, dan juga nomor Women's Team oleh Pramudita Yuristya, Gina Tri Lestari, dan Lutfi Nurhasanah.

Cabor Skateboard pun turut memborong medali untuk Indonesia. Diketahui dari cabor ini, Indonesia meraih dua medali perak dan dua medali perunggu.

Medali perak pertama cabor Skateboard diperoleh oleh Jason Denni Lijznzaat dari nomor Men's Park. Kemudian, perak kedua dipersembahkan Sanggoe Darma Tanjung dari nomor Men's Street. Medali perunggu pun diperoleh Pevi Permana dari nomor Men's Park.

Dan juga oleh Bunga Nyimas dari nomor Women's Street. Cabor Soft Tennis pun turut menyumbangkan satu medali perak dan dua medali perunggu. Medali perak dipersembahkan oleh Alexander Elbert Sie dari nomor Tunggal Putra.

Sementara dua medali perunggu, dipersembahkan Prima Simpatiaji dari nomor Men's Singles dan Dwi Rahayu Pitri dari nomor Women's Singles.

Prestasi para atlet ini membuat Indonesia semakin kokoh di peringkat empat alias di lima besar dan juga 10 besar. Kini Indonesia total mengoleksi sebanyak 83 medali yang terdiri dari 28 medali emas, 22 perak, dan 33 perunggu.

Sementara di posisi pertama masih diduduki oleh Cina dengan total 213 medali yang terdiri dari 100 medali emas, 65 perak, dan 48 perunggu.

Kemudian di posisi kedua ada Jepang dengan total 151 medali yang terdiri dari 47 medali emas, 42 perak, 62 perunggu. Korea gabungan total mengoleksi 121 medali yang terdiri dari 33 medali emas, 40 perak, 48 perunggu. Dan juga Iran di posisi kelima yang mengoleksi 49 medali yang terdiri 17 medali emas, 16 perak, 16 perunggu.

Klasemen sementara Asian Games 2018
Klasemen sementara Asian Games 2018 

Indonesia secara total mengoleksi 28 medali emas yang merupakan terbanyak sepanjang keikutsertaan Indonesia di Asian Games.

Pada Rabu (29/8/2018), hal ini membuat Indonesia memiliki potensi besar untuk memenuhi target finis di posisi 10 besar klasemen perolehan medali akhir Asian Games 2018.

Bahkan, bukan tidak mungkin pula Indonesia bisa finis di posisi lima besar. Dihitung sejak Hiroshima 1994, ketika Asian Games sudah diikuti negara pecahan Uni Soviet, hanya sekali peringka ke-10 dalam perolehan medali mengoleksi 10 emas.

Hal itu terjadi pada Incheon 2014 ketika Qatar mengoleksi 10 emas. Jumlah medali emas terbanyak yang didapat negara peringkat kelima Asian Games terjadi pada Bangkok 1998.

Ketika itu, Kazakstan mengoleksi 24 medali emas, sama seperti tuan rumah Thailand di posisi keempat.

Di Incheon 2014, Iran, pesaing terdekat Indonesia saat ini, finis di posisi kelima klasemen perolehan medali akhir dengan 21 emas, berselisih 7 meas dengan Kazakstan yang berada di atasnya.

Melihat data ini, publik Indonesia pun boleh optimis melihat para atletnya finis di posisi lima besar klasemen akhir.


 

sumber: tribunnews.com

Editor: sella.