HETANEWS

Terima Audiensi Bawaslu Simalungun, Kajari Pesan Begini

Kajari Simalungun, Irvan Paham PD Samosir, SH,MH berfoto bersama anggota Bawaslu Simalungun, Rabu (29/8/2018). (foto/ayu)

Simalungun, hetanews.com - Kajari Simalungun, Irvan Paham PD Samosir SH,MH, didampingi Kasi Intel, Robinson Sihombing SH, Barry Sugiarto Sihombing SH (Kasubsi Penuntutan), Herman Mauritz Panjaitan SH (bidang Intel) dan Dasmer Saragih SH,MH (Kasubagbin) menerima audensi 5 personel Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Kabupaten Simalungun, Rabu (29/8/2018).

Personel Bawaslu Simalungun yakni M. Choir Nasution (Ketua), Boby Dewantara Purba (Kordiv Penindakan Pelanggaran), Michael Siahaan (Kordiv Hukum Informasi dan Data), Mulia Adil Saragih (Kordiv Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga) dan Alfi Mikhair Nasution (Kordiv Organisasi dan SDM).
    
Kehadiran Bawaslu bertujuan untuk berkorrdinasi dan bekerjasama dengan kejaksaan terkait penanganan pelanggaran Pemilu Presiden (Pilpres) pada 6 Juni 2019 mendatang. Kejaksaan sebagai sentra Gakumdu (penegakan hukum terpadu), siap untuk menerima laporan pelanggaran Pemilu.

Kajari Irvan Paham PD Samosir SH,MH dalam pertemuan yang berlangsung di ruang kerjanya menegaskan, pelanggaran Pemilu boleh disidangkan secara in absentia artinya tanpa dihadiri terdakwa. Sebab sesuai aturan hukum, tidak semua tersangka bisa langsung ditahan itu tergantung pelanggaran yang dilakukan.
    
"Tindak pelanggaran Pemilu harus dilaksanakan secara perioritas. Akan tetapi tehnik penyidikannya harus tepat tujuh hari dan dalam waktu 21 hari perkara tersebut sudah putus di pengadilan," jelas Irvan.

Terkait penggunaan anggaran yang berasal dari APBN, Irvan meminta agar Bawaslu berhati-hati menggunakannya. Harus ada dasar hukumnya dan harus dibicarakan secara mufakat bersama. "Hati-hatilah dan banyaklah berdoa sebab rejeki itu sudah diatur yang Maha Kuasa. Buatlah kejadian-kejadian akhir-akhir ini sebagai warning (peringatan) agar selamat dalam menjalankan tugas saudara," jelas Irvan Samosir sambil memberikan contoh hakim PN Medan yang ditangkap KPK.

Pada kesempatan itu Michael Siahaan selaku Kordiv Hukum, Informasi dan Data menyampaikan, dalam waktu dekat Bawaslu akan melakukan pertemuan dengan seluruh pengurus partai politik, untuk mensosialisasikan peraturan mengenai Pemilu dengan mengundang Sentra Gakumdu yakni Kejaksaan, Kepolisian dan Pengadilan Negeri Simalungun. 

Penulis: ay. Editor: anto.