Simalungun,hetanews.com- Kapolres Simalungun, AKBP M. Liberty Panjaitan, langsung terjen ke lokasi, begitu menerima laporan kebakaran hutan di Gunung  Sipiso-piso, Nagori Sinar Naga Mariah, Kecamatan Pematang Silimakuta, Kabupaten Simalungun, Minggu (26/8/18), sekitar pukul 19.30 WIB.

Tiba di lokasi pada pukul 20.00 WIB, Kapolres mendapati hutan pinus dan kayu alam serta padang rumput (sabana) terbakar, apalagi saat ini lagi musim kemarau mengering.

Upaya pemadaman api pun terus dilakukan hingga subuh dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran (damkar) milik Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Simalungun dan dibantu peralatan seadanya. Namun api belum juga dapat dipadamkan karena kondisi kemarau dan angin kencang.

Api yang pertama kali terlihat dari perbukitan gunung, perbatasan wilayah Kabupaten Karo, yaitu Desa Sibolangit, Kecamatan Merek dan menyebar ke wilayah Gunung Sipiso-piso, Desa Sinar Nagameriah. Kobaran api sulit dipadamkan dan semakin membesar, disebabkan tiupan angin yang cukup kencang, sehingga api membakar kawasan hutan sekitar  80 (delapan puluh) hektar.

Personil Polres Simalungun bersama TNI dan BPBD berupaya memadamkan api. (foto/zai)

Lanjut pada Senin (27/8/2018) paginya, Wakapolres, Kompol Zulkarnaen, didampingin Kabag Ops, Kompol H Situmorang, Kapolsek Seribudolok, AKP B Pakpahan, Kaposko Karhutla, Iptu Masrianto, KBO Intelkam, Iptu Yusri Siregar dan personel Siaga Mako beserta anggota Manggala Agni Daops Aek Nauli, BPBD Simalungun, Koramil Seribudolok, Kapolsek Tiga Panah dan anggota gabungan, berupaya melokalisir untuk menghempang kobaran api agar tidak menjalar luas dengan menggunakan mobil damkar, alat berat dan peralatan yang ada walau sangat sulit.

Mengingat lokasi kebakaran berada di ketinggian Gunung Sipiso-piso dengan sudut kemiringan 45° serta sulitnya mendapatkan sumber air serta angin kencang.

Hari itu juga Polres Simalungun menurunkan 1 unit mobil water canon Polisi dan mendirikan tenda untuk personil Polres Simalungun yang membantu pemadaman, sehingga pada Senin (27/8/2018) sekitar pukul 15.48 WIB, kebakaran hutan dan lahan Gunung Sipisopiso, Desa Sinar Nagameriah, berhasil dikuasai dan dipadamkan dalam 1 hari.

Keberhasilan dalam pemadaman kebakaran hutan itu, berkat kerjasama tim gabungan yakni personil Polres Simalungun, personil TNI, Maggala Agni, BPBD Simalungun serta masyarakat setempat.

Dan selama proses pemadaman, situasi aman dan baik dan personil Polres Simalungun dan tim gabungan sudah ditarik dari lokasi.