Medan, hetanews.com - Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumut membongkar sindikat pengendali narkotika dari dalam Lembaga Pemasyarakatan Klas I Tanjung Gusta Medan.

Tiga orang tersangka diamankan berikut barang bukti narkotika jenis sabu-sabu sebanyak 5 kilogram. Ketiga tersangka yakni Tjiang Nam alias A Nam, Azhar alias Har dan Mulyadi alias A Hok.

Pengungkapan bermula BNNP Sumut mengendus gerak-gerik Tjiang Nam alias A Nam yang diketahui berbisnis narkotika jenis sabu. Lalu petugas bergerak dan menggerebek rumah tersangka Tjiang Nam di Kompleks Tasbih I Blok LL, Kelurahan Rejo, Kecamatan Medan Sunggal.

Dari rumah tersangka Tjiang Nam turut diamankan barang bukti 5 kilogram sabu. Belum terhenti sampai di situ, BNNP Sumut melakukan pengembangan penyidikan dan ternyata barang bukti itu dikendalikan oleh dua narapidana yakni Azhar alias Har dan Mulyadi alias A Hok. Alhasil, keduanya pun diboyong ke markas BNNP Sumut.

Kabid Pemberantasan BNNP Sumut AKBP Agus Halimuddin dalam keterangan persnya pada wartawan, Senin (27/8/2018) sore menjelaskan pihaknya mendapatkan informasi bahwa tersangka Tjiang Nam menjalani bisnis narkotika.

"Kita dapatkan informasi bahwa ada warga (Tjiang Nam) berbisnis narkotika. Lalu kita menyelidiki dan ternyata benar bahwa yang bersangkutan memiliki narkotika jenis sabu sebanyak 5 kilogram," ungkap Agus Halimuddin.

Kata Halimuddin lagi, lalu dilakukan pengembangan dan ternyata barang bukti dikendalikan oleh dua napi dari dalam LP Tanjung Gusta Klas I Medan.

"Iya. Peredaran 5 kilogram sabu itu dikendalikan dari dalam LP Tanjung Gusta Medan. Pengakuan para tersangka ini baru 2 kali mengedarkan sabu-sabu. Namun kita pastikan bahwa mereka sudah sering mengedarkan narkotika dari balik LP Tanjung Gusta," tutur Halimuddin.

sumber: kricom.id