Simalungun, hetanews. com - Proyek peningkatan jalan (hotmix) dan pasangan drainase (parit) sepanjang 6,5 Km dari Nagori Mariah Jombang melewati Nagori Poskan Baru - Hutabayu Raja hingga Nagori Silakkidir mulai dikerjakan.

Proyek ini bernilai Rp 26 miliar lebih dikerjakan oleh PT Duta Sumatera Perkasa.

S Hutahaean selaku pelaksana pengerjaan proyek kepada wartawan di lokasi, Jumat (24/8/2018), mengatakan bahwa kondisi jalan mengalami kerusakan lebih dari 18 tahun namun baru mendapat perhatian pemerintah.

Ia menjelaskan kontrak kerja telah ditandatangani pada 9 Agustus 2018 dan selesai dikerjakan pada 31 Desember 2018. Pekerjaan dimulai dari penutupan seluruh lobang yang ada di sepanjang jalan.

Namun ketika melakukan pengerukan parit jalan, katanya, sempat mendapat kendala dari seorang warga yang keberatan membongkar kios di atas parit pasangan.

“Tapi setelah diberi waktu seminggu sipemilik kios membongkarnya dan pengerukan parit berjalan lancar sejak (16/8) sampai kini sudah mencapai progres 5 persen pekerjaan proyek”, jelasnya.

Hutahean mengharapkan kepada seluruh masyarakat agar sepakat mendukung pelaksanaan pengerjaan proyek tersebut demi tercapainya pembangunan parit dan jalan hotmix untuk kemajuan dan kesejahteraan bersama.

Pengerjaan jalan ini didampingi TP4D (Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah) Kejari Simalungun.

Tim TP4D Kejari Simalungun diketuai Kasi Intel Robinson Sihombing didampingi anggota Herman Ronald Mauritz Panjaitan, yang siang itu juga turun ke lokasi proyek tampak berdialog dengan S Hutahaean.

Herman meminta agar proyek dikerjakan secara visual (sesuai gambar), sesuai administrasi dan kualitas pekerjaan. Dalam mengawasi pekerjaan proyek TP4D juga melibatkan ahli dari Politeknik Negeri Medan.

"Kami minta agar pihak pemborong tidak melakukan penyimpangan dalam pelaksanaan proyek ini"," ucap Robinson.