HETANEWS

2 dari 5 Pelaku Pencurian di Bandar Huluan Diborgol Polisi

Kedua pelaku yang diamankan personil Polsek Perdagangan. (foto/zai)

Simalungun,hetanews.com-  Dua dari lima orang pelaku pencurian, di Kecamatan Bandar Huluan, Rabu (15/8/2018), sekira pukul 05.00 WIB, berhasil diringkus personil Polsek Perdagangan resor Simalungun. 

"Kedua terduga pelaku pencurian dengan pemberatan itu, berhasil kita ringkus kemarin, Senin (20/8/2018) sekitar pukul 11.00 WIB. Sementara tiga lainnya masih belum tertangkap," ucap Kapolsek Perdagangan, AKP Daniel A Tambunan, Rabu (22/8/2018).

Menurut Kapolsek, penangkapan terhadap kedua orang itu sesuai Laporan Polisi Nomor: LP/ VIII/ 2018/ Simal Dagang, tanggal 15 Agustus 2018.

Disusul surat perintah tugas No. Pol: SPT /126 / VIII / 2018 / reskrim,  tanggal 15 Agustus 2018. Surat perintah penyidikan No. Pol: sprindik / 119 / VIII / 2018 /reskrim,  tanggal 15 Agustus 2018. 

Dan surat perintah penyelidikan No. Pol: Sprinlidik / 96 / VIII / 2018 /reskrim,  tanggal 15 Agustus 2018.

"Pelapor atas nama MH (51), karyawan BUMN, warga Huta III Nagori Laras, Kecamatan Bandar Huluan, Kabupaten Simalungun. Kedua pelaku yang telah kita amankan, warga kecamatan tersebut," terangnya. 

Adapun saksi yang diajukan pelapor, yakni, P (45), gamot Huta 1 Nagori Laras, Kecamatan Bandar Huluan dan Mrash (22), buruh harian lepas BUMN di Nagori Laras, Kecamatan Bandar Huluan. 

Barang bukti, 1 (satu) unit handphone merk oppo type A37 warna mas rose. 

"Dalam penyelidikan, personil kita berhasil menangkap pelaku sebanyak dua (2) orang. Yaitu berinisial DH (37) dan SW (37) dengan barang bukti, berupa 1 (satu) unit hand phone merk oppo type A37 warna emas rose,"ungkapnya. 

Setelah dilakukan pemeriksan terhadap pelaku berinisial DH, bahwa benar telah melakukan pencurian pada hari Rabu, tanggal 15 Agustus 2018, sekitar pukul 00.30 WIB, di dalam rumah milik korban MH, bersama dengan 3 orang temannya. 

Cara awalnya, para tersangka kumpul di salah satu simpang di Kecamatan Bandar Huluan. Kemudian para tersangka, berangkat mempergunakan dua unit speda motor, dibonceng, pelaku DH dan berinisial Pok. 

Di tengah jalan blok perkebunan sawit, dekat dengan rumah korban, 2 orang tersangka atas nama Sug dan Dms, turun di jalan blok tersebut, dimana saat itu pelaku berinisial Dms, bawa tas sandang.

Kemudian DH dan Pok, disuruh pulang dengan menaiki sepeda motor tersebut, sebelum tersangka berangkat mengantar tersangka Sug ke jalan blok perkebunan sawit, bahwa tersangka sudah mengetahui melakukan

Pencurian untuk membobol rumah, namun pelaku tidak mengetahui rumah yang akan dibobol dan pada Rabu, 15 Agustus 2018, sekira pukul 03.00WIB, tersangka dihubungi oleh pelaku bernama Sug, untuk datang ke Simpang Dolok Marangir, Kecamatan Dolok Batu Nanggar. Sesampainya tersangka di sana,  tersangka melihat 2 unit sepeda motor, yaitu, vario warna hitam dan scoopy warna putih.

Kemudian Sug dan Dms, berangkat ke Medan, membawa 2 unit sepeda motor tersebut untuk dijual dan tersangka mendapat pembagian sebanyak Rp. 300.000. 

Sesuai dengan keterangan pelaku SW, benar telah menerima dan menyimpan barang yang diberikan oleh pelaku Sug, pada hari Kamis, 16 Agustus 2018, sekira pukul 11.00 WIB, di kedai tuak milik Sug, di Nagori Naga Jaya I.

"Dari hasil keterangan, kedua pelaku yang sudah kita amankan, terungkap saling berpacaran. Selanjutnya kita melakukan penahanan dan mengirimkan SPDP dan masih melakukan pengembangan," tegasnya.

Penulis: zai. Editor: gun.