HETANEWS
ADVERTORIAL

PT. TPL Serahkan Bantuan Rabat Beton di Desa Pardomuan Silaen

Bantuan rabat beton jalan Poskesdes dari TP. TPL, Tbk di Desa Pardomuan Silaen. (Aldy)

Tobasa, hetanews.com - Kehadiran PT. Toba Pulp Lestari,Tbk (TPL) dirasakan memberikan manfaat bagi masyarakat desa Pardomuan Kecamatan Silaen Kabupaten Toba Samosir (Tobasa). 

Hal ini diungkapkan Timbang Sianipar, Kepala Desa Pardomuan saat menerima bantuan rabat beton jalan Poskesdes Pardomuan dari TPL, kemarin (21/8/2018).

“Keberadaan TPL kami rasakan benar-benar memberi manfaat bagi Desa Pardomuan. Salah satunya jalan Poskesdes ini yang sudah rusak selama 10 tahun,” ucap Timbang.

Poskesdes Pardomuan yang telah berdiri selama 10 tahun ini merupakan satu-satunya sarana untuk berobat bagi 140 kepala keluarga (KK). Namun karena jalan rusak, masyarakat kesulitan untuk berobat.

Bidan desa Poskesdes Parlombuan, Yuki Napitupulu yang sudah 5,5 tahun mengabdi mengatakan bahwa masyarakat yang berobat ke Poskesdes sering terjatuh di jalan yang rusak.

“Yang terakhir seorang ibu hamil yang hendak memeriksakan kandungannya terjatuh di jalan menurun yang sangat licin,” kata Yuki.

Untuk memperkecil resko kecelakaan tersebut, Yuki pun memilih berkunjung ke rumah masyarakat untuk memberikan pelayanan kesehatan daripada menerima mereka di Poskesdes. Hanya saja, dengan metode berkunjung ini dirinya mengalami beberapa kendala. 

“Terkadang obat yang dibutuhkan masyarakat tidak dapat dibawa karena keterbatasan saya. Sehingga saya terpaksa mengunjungi si pasien berulang yang membuat waktu terbuang,” ujar Yuki.

Ramida Siringoringo selaku Manajer Pemberdayaan Masyarakat PT TPL,Tbk menuturkan, begitu menerima permohonan dari Poskesdes Desa Pardomuan, perusahan melakukan survey lapangan. Hal itu sebagai bentuk tanggungjawab sosial TPL.

“Saya rasa memang sudah tidak layak kondisi jalan menuju Poskesdes ini, sementara fungsinya sangat vital bagi masyarakat,” kata Ramida. 

“Kita harap dengan perbaikan jalan ini pelayanan Poskesdes semakin meningkat dan memberikan manfaat yang lebih lagi bagi masyarakat Desa Pardomuan,” pungkasnya.

PT. Toba Pulp Lestari,Tbk memperbaiki jalan Poskesdes ini dengan rabat beton sepanjang 70 m dan lebar 2,5 m. Sebelumnya TPL juga memberikan bantuan pembuatan parit, bantuan pembangunan rumah ibadah dan bantuan pengerasan jalan.

Penulis: aldy. Editor: anto.