HETANEWS.COM

OTT PNS Dinas Pertanian Padang Lawas Atas Laporan Warga

Medan,hetanews.com- Kombes Pol Toga Panjaitan menjelaskan, Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Tim Subdit III/Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumut kepada dua oknum Pegawai Negri Sipil (PNS) Dinas Pertanian Padang Lawas itu, berdasarkan laporan masyarakat.

"Penangkapan itu kita lakukan berdasarkan informasi dari masyarakat yang menyebut adanya pemotongan uang dana bantuan petani, di wilayah tersebut,"jelasnya.

Berawal dari situ, lanjutnya, Tim Subdit III/Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumut langsung membentuk tim dan terbang ke Padang Lawas guna melakukan penyelidikan. Hasilnya pun berbuah manis, petugas berhasil mendeteksi keberadaan para terduga tersangka, di salah satu kediaman tersangka, di jalan Baginda Boadoun, Padang Lawas. Kemudian pada 8 Agustus 2018, petugas langsung melakukan penangkapan dan berhasil mengamankan 7 orang tersangka.

Baca Juga: OTT Dana Bantuan Petani, Kadis Pertanin Padang Lawas 'masih' Saksi

"Mereka diamankan di rumah salah seorang tersangka, kemudian kita memboyong mereka ke Polda Sumut untuk diperiksa,"terangnya.

Dalam kasus ini, masih kata Perwira Tiga Melati Emas, di pundaknya itu, pihaknya berhasil menyita sejumlah barang bukti, berupa uang 1 milliar lengkap dengan berkas yang berkaitan dengan OTT tersebut, satu unit laptop, satu hardisck dan dua handphone. Sedangkan uang 1 milliar tersebut, dia bilang, hasil pemotongan dana dari masing-masing kelompok tani, di wilayah tersebut.

"Uang itu diduga masuk ke kantong pribadi untuk memperkaya diri sendiri. Mereka tidak menyetornya,"bebernya.

Masih kata dia, kedua tersangka dijerat Undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi dengan ancaman hukuman di maksimal 20 tahun penjara.

Penulis: adr. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan