HETANEWS

Kajatisu: Jaksa Tidak Perlu Ditakuti

Kajatisu, Bambang Sugeng Rukmono didampingi Wali Kota Tebingtinggi, H Umar Zunaidi Hasibuan saat melakukan peletakan batu pertama, pembangunan gedung kantor Kejari yang baru, di Jalan Yos Sudarso Tebingtinggi. (foto/ver/nal)

Tebingtinggi,hetanews.com- Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajatisu), Bambang Sugeng Rukmono, menegaskan, bahwa jaksa tidak perlu ditakuti. Karena selama kegiatan yang dilaksanakan berjalan dengan baik dan sesuai aturan di atas rel, tidak perlu takut, kalaupun ada masalah, cari jalan keluarnya dan diselesaikan dengan baik, katanya.

Hal itu ditegaskan Kajatisu, disela-sela kegiatan ground breaking (peletakan batu pertama) pembangunan gedung kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Tebingtinggi yang baru, di Jalan Yos Sudarso, Selasa (21/8/2018). Tampak dihadiri Wali Kota Tebingtinggi, H Umar Zunaidi Hasibuan dan unsur FKPD serta Kajari Tebingtinggi, Mochammad Novel dan Kajari Kabupaten Sergai.

Masih menurut Bambang Sugeng Rukmono, sebagai aparat penegak hukum, beberapa tugas kejaksaan adalah preventif, refreshif dan restorative.

“Kita akan mengkedepankan preventif. Kalau ibaratnya kita mengawasi sesuatu proses kegiatan, jangan tunggu kegiatan itu salah dulu, baru kita tindak, tetapi kita justru jaga kegiatan itu agar bisa berjalan baik sesuai aturan di atas rel, kalau pun ada masalah cari jalan keluarnya dan diselesaikan dengan baik,”jelasnya.

Terkait pemberian lahan eks kantor Kejari Tebingtinggi untuk memperluas areal halaman Mesjid Agung, menurut Kajatisu, hal itu merupakan komitmen dan kontribusi untuk membangun Kota Tebingtinggi.

“Saat ini, di Kota Tebingtinggi sedang dibangun Mesjid Agung untuk kepentingan umat, jadi kami berkewajiban memberikan dukungan,”ujarnya.

Foto bersama. (foto/ver/nal)

Dan hal ini, dikatakan Bambang juga mendapat sambutan yang baik dari Kepala Kejaksaan Agung RI, di Jakarta.

“Saya sendiri yang melaporkan langsung kepada bapak Kepala Kejaksaan Agung dan alhamdullilah mendapatkan respon yang sangat positif dan terbukti prosesnya berjalan begitu cepat, dan ini jarang terjadi,”sebutnya.

Menurut Kajatisu, apa yang dilakukan hari ini tidak terlepas dari komitmen antara Pemko Tebingtinggi dengan Kejari dengan koordinasi yang baik antara kedua belah pihak. “Dengan adanya bangunan kantor kejari baru ini, nantinya akan menambah peningkatan kinerja para apatur Kejaksaan Negeri Tebingtinggi dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,”ujarnya.       

Sebelumnya, Wali Kota, H Umar Zunaidi Hasibuan, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pihak Kajatisu dan Kejaksaan Agung atas dukunganya dalam pelaksanaan pembangunan gedung kantor baru Kejari Tebingtinggi tersebut.

“Saat ini kejaksaan tidak hanya bertugas dalam penegakan hukum saja, tetapi juga melakukan pembinaan dalam kasus-kasus tertentu, terutama yang berkaitan dengan agama. Dengan dibangunnya kantor yang resfrentatif ini, diharapkan semakin baik kerjasamanya dengan para tokoh agama dan masyarakat selalu berkoordinasi dengan pihak kejaksaan,”katanya.        

Sementara Kepala Dinas PU Tebingtinggi, Hj Rusmiyati Harahap dalam laporannya, menyampaikan, bahwa kantor kejaksaan yang saat ini ditempati seluas 2.191 m2 dan yang baru 8.928 m2. Sebagai tahap awal, pembangunannya menelan anggaran sekitar Rp 10 miliar, masing-masing untuk pengadaan lahan Rp 6,2 miliar dan untuk bangunan utama sebesar Rp 3,4 miliar yang alokasinya melalui dana APBD.

“Untuk tahap selanjutnya, biaya pembangunan berikutnya diperkirakan akan menelan biaya Rp 6 miliar yang semuanya ditampung dalam APBD Kota Tebingtinggi," jelas Rusmiyati. 
 

Penulis: tim. Editor: gun.