HETANEWS

Dalam Minggu Ini, Pemko Siantar akan Buka Penjaringan Direksi PD dan Pejabat Eselon II

Sekda Kota Siantar, Budi Utari.

Siantar,hetanews.com- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Siantar, Budi Utari, menyampaikan rencana Pemerintah Kota dalam pembentukan panitia seleksi (pansel) di dua perusahaan daerah (PD). Budi Utari memastikan, pembentukan pansel ini akan diselenggarakan dalam kurun satu minggu ini.

"Minggu ini, kita akan membentuk pansel di dua perusahaan daerah, yaitu PD PAUS dan PD PHJ,"jelas Budi, kepada wartawan, Selasa (21/8/2018).

Ia berharap, kesempatan ini dapat diikuti oleh warga Siantar yang memiliki kompetensi untuk memajukan dua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tersebut. 

"Saya berharap, ini menjadi kesempatan terbaik bagi warga kota Siantar untuk memimpin perusahaan daerah,"katanya.

Untuk persyaratan nanti, jelas Utari, meliputi jenjang usia, pendidikan minimal serta persyaratan lainya. Untuk tim pansel, dibentuk dari unsur akademisi dan pemerintah.

Selain dilakukan uji kompetensi, para peserta nantinya juga dilakukan uji elayakan dan kepatutan (UKK). Hal itu merujuk Permen 37 Tahun 2018, jelasnya.

"Kalau dulu hanya uji kompetensi, sekarang jadi ditambah uji kelayakan kepatutan atau UKK sesuai dengan Permen 37 Tahun 2018. Itu untuk perusahaan daerah,"jelasnya, seraya menyampaikan penjaringan ini dilakukan sampai Oktober 2018.

Budi menambahkan, selain dilakukan penjaringan kepada calon direksi, di dua perusahaan daerah itu, Pemko Siantar juga melakukan rotasi atau pemindahan kepada Eselon II di Pemko Siantar.

Pansel untuk itu juga melibatkan unsur akademisi, Pemerintah Kota, dan unsur Pemerintah Provinsi, tegasnya lagi. 

"Kalau untuk Eselon III dan IV dilakukan oleh Tim Penilai Kinerja. Pansel ini akan dilakukan selesai pembentukan pansel di perusahaan daerah,"jelasnya.

Ia menambahkan, adapun agenda Pemko Siantar dalam waktu dekat ini, yaitu pembahasan PAPBD 2018 dan RAPBD 2019. Untuk besok, tandasnya, Pemko Siantar akan melakukan kurban, di Balai Kota Siantar, untuk dibagilan ditiap-tiap kecamatan.

Penulis: gee. Editor: gun.