HETANEWS

Damak Maliho, Rayakan Kemerdekaan Bersama Anak-anak dengan Sportifitas

Anak-anak PAUD Damak Maliho saat mengikuti lomba bakiak.

Deliserdang,hetanews.com- Anak-anak didampingi orang tua mereka, berkumpul dan sibuk mendaftarkan diri untuk mengikuti berbagai perlombaan, di tengah lapangan yang letaknya berdekatan dengan kantor Kepala Desa Damak Maliho, Deliserdang, Minggu (19/8/2018).

Penyelenggaraan berbagai perlombaan tersebut, merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Hari Anak Nasional (HAN) dan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA) atas kerjasama antara Dinas PPKB-PPPA Deliserdang dan Desa Damak Maliho.

Anak-anak PAUD Damak Maliho saat mengikuti lomba makan kerupuk.

Anak-anak yang ikut bertanding dalam perlombaan berasal dari berbagai usia, mulai dari TK/PAUD hingga SMA. Lomba bakiak, merupakan pertandingan yang paling diminati anak, karena dalam permainan tersebut dibutuhkan kerjasama, kekompakan dan juga kecepatan untuk memenangkan pertandingan. Selain itu, ada juga pertandingan balap karung, balap kelereng, junjung sumpit, loma makan kerupuk, tarik tambang dan juga tari sentuhan aman.

“Saya mengajak masyarakat Damak Maliho untuk saling kerjasama dan mendukung kegiatan yang dilaksanakan bersama PKPA dan Dinas PPKB-PPPA agar Desa Damak Maliho dapat menjadi desa layak anak. Oleh sebab itu, kedepannya pemerintah desa akan terus mengembangkan program desa yang memenuhi hak anak dan melindungi anak,”ujar Kepala Desa Damak Maliho, Estiana br Saragih. Dia juga bahagia dan bersyukur karena anak-anak bertanding dengan riang gembira dan sportif.

Anak-anak PAUD Damak Maliho saat mengikuti lomba balap karung.

Perayaan hari kemerdekaan di Damak Maliho yang dihadiri juga oleh Kepala Dinas PPKB-PPPA Deliserdang, Hj Rabiatul Adawiyah Lubis, juga merupakan bagian dari advokasi perlindungan anak di desa-desa perkebunan lingkar perkebunan sawit.

PKPA menganggap, bahwa sudah seharusnya perusahaan – perusahaan perkebunan yang ada di sekitar Desa Damak Maliho, memberikan kontribusi, baik dalam bentuk fasilitas maupun pendanaan program, seperti taman bermain ramah anak, fasilitas olah raga, dan juga taman baca sebagai pendukung peningkatan fasilitas pendidikan masyarakat, khususnya anak-anak.

“Perusahan tidak hanya memiliki tanggung jawab sosial untuk desa di dalam lingkar perkebunan, tetapi juga desa di lingkar kebun yang secara langsung terdampak dari operasional perusahaan, maka kehadiran perusahaan di sekitar desa juga harus membawa manfaat bagi kesejahteraan penduduk di sekitar kebun,”ujar Misran Lubis, selaku Senior Officer di PKPA Medan.

Penulis: tim. Editor: gun.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.