Medan, hetanews.com - Sebanyak 37 narapidana (napi) dari 903 penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Tanjunggusta Klas I A Medan mendapat remisi pada hari kemerdekaan RI ke-73 langsung bebas. Sedangkan 866 orang mendapat pengurangan masa hukuman.

Dari 866 napi yang mendapat pengurangan masa hukuman selama satu bulan sebanyak 320 orang, pengurangan selama dua bulan sebanyak 275 orang, pengurangan selama tiga bulan sebanyak 202 orang, pengurangan selama empat bulan sebanyak 55 orang dan pengurangan selama lima bulan sebanyak 14 orang.

"Mereka yang menerima remisi sudah menjalani dua pertiga masa hukumannya dan berbuat baik," ujar Kepala Rutan Tanjunggusta Medan, Maju Amintas Siburian didampingi Kepala Pengamanan Rutan, Rindra yang ditemui hetanews.com di Lapangan Rutan Tanjunggusta,Medan, Jumat (17/8/2018).

Lebih lanjut, Maju Amintas mengatakan bahwa total penghuni baik itu narapidana dan tahanan hingga saat ini terdata sebanyak 3.445 orang.

"Pihak rutan melakukan pembinaan dengan berbagai kegiatan keterampilan dan olahraga. Selain menghilangkan rasa jenuh sekaligus bekal ilmu bagi para narapidana setelah selesai menjalani hukuman," bebernya.

Maju Amintas menambahkan, dalam merangkai persatuan dan kesatuan maka para peserta upacara memakai pakaian daerah. "Selain pemberian remisi kepada ratusan narapidana yang bertepatan pada Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI, kita juga memberikan penghargaan Satya Lencana kepada dua pegawai Rutan Tanjunggusta Medan," pungkasnya.