HETANEWS

Raker Pokjahulu Kemenag Medan | Lahirkan Penghulu Profesional, Mumpuni dan Bermartabat

Kakan Kemenag Kota Medan berfoto bersama pengurus Pokjahulu dan peserta Raker, Selasa (14/8/2018). (Rico)

Medan, hetanews.com - Kelompok Kerja Penghulu (Pokjahulu) diharapkan dapat membantu mewujudkan program pemerintah di bidang keagamaan melalui Kementerian Keagamaan (Kemenag) Kota Medan.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kota Medan, H Al Ahyu MA saat pengukuhan Pengurus Pokjahulu yang dilaksanakan di Medan Club, Jln Kartini, Kelurahan Madras Hulu, Kecamatan Medan Polonia, Selasa (14/8/2018).

Ketua Pokjahulu menyerahkan penghargaan kepada Kakan Kemenag Kota Medan. (Rico)

"Setiap organisasi akan menjadi harapan bagi instansi yang menaunginya. Seperti dengan sumbangsih ide dan program kerja dalam menunjang visi misi Kemenag sebagai institusi yang menangani bidang keagamaan. Kiranya para pengurus mengemban amanat yang diberikan dengan baik untuk mewujudkan pelayanan di tengah-tengah masyarakat, khususnya di bidang pernikahan secara Islam," ucap H Al Ahyu.

Pengukuhan yang dirangkai dengan Rapat Kerja (Raker) Pokjahulu Kemenag Kota Medan ini jadi istimewa sebab turut dihadiri tokoh muda Sumatera Utara yang juga Wakil Gubernur Sumut terpilih, H Musa Rajekshah MHum. 

Dalam kesempatan itu, H Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck mengapresiasi keberadaan Pokjahulu. Pasalnya, Pokjahulu Kemenag Kota Medan adalah yang pertama se Sumatera Utara. Menurutnya, penghulu adalah ujung tombak pelayanan nikah. Mulai administrasi hingga pendistribusian yang menutut profesionalitas.

Tokoh masyarakat Sumut, Drs H Musa Rajekshah MHum. (Rico)

"Artinya, Kemenag Kota Medan menjadi pioner pembentukan Pokjahulu se Sumatera Utara. Kiranya Pokjahulu dapat bersinergi dan terus menjalin silaturahmi dengan institusi lainnya. Dengan tujuan memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat Sumatera Utara. Sehingga kehadiran Pokjahulu benar-benar dirasakan masyarakat," harap Ijeck.

Kakan Kemenag Kota Medan memberi penghargaan kepada Drs H Musa Rajekshah MHum. (Rico)

Sementara itu, Ketua Pokjahulu Kemenag Kota Medan, Drs H Arman Samara SH berterimakasih kepada Kanwil Kemenag Sumut, Pemko Medan, Kemenag Kota Medan atas dukungan terhadap pembentukan Pokjahulu. Dirinya berharap para penghulu se Kota Medan mengoptimalkan Raker untuk peningkatan pelayanan di tengah-tengah masyarakat. 

Menurut Arman Samara yang didampingi Sekretaris Iwin Damanik SH dan Bendahara Ramlan Hasibuan MA, penghulu adalah profesi yang mahal dan mulia. "Saat ini ada 57 penghulu se Kota Medan. Maka dari itu, para penghulu dapat profesional dalam menjalankan tugasnya di tengah-tengah masyarakat. Profesi ini juga mulia karena menjadi garda terdepan Kemenag dalam melayani masyarakat khususnya urusan nikah. Kiranya Raker ini dapat menghasilkan penghulu profesional, mumpuni dan bermartabat," ucapnya.

Raker Pokja sendiri dibuka oleh Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi yang diwakilkan Kabag Agama Pemko Medan, Adlan MPd. Turut hadir Kepala KUA se Kota Medan, anggota DPRD Sumut, Drs A Majid, Arifin dari Kakanwil Kemenag Sumut serta penghulu se Kota Medan.

Penulis: rico. Editor: anto.