HETANEWS

Kapal Nelayan Belawan Terbakar, 7 Selamat, 2 Hilang

Korban selamat saat memberikan keterangan kepada Pjs Kadispen Lantamal I, Letnan Satu Sidik. (foto/adr)

Medan,hetanews.com- Kapal Motor (KM) Aries, terbakar di perairan Bui 2, berjarak 9 mil ke arah utara Pantai Belawan, tepat di posisi 04 01,278 U - 098 47,832 T?, Senin (13/8/2018), pukul 04.00 WIB. 

Musibah kebakaran kapal nelayan ini, diduga dari baterai aki. Setidaknya 7 awak kapal, diantaranya, Musa (28), Abdi Ramadani Nasution (32), Dandi Sahputra (19), Marihot Manullang (36), Darwis (32) dan Lampok (30), selamat dari musibah itu. Sedangkan, tekong kapal, Tutur (40) dan Anton (40), dikabarkan hilang dan masih dalam pencarian petugas TNI AL.

Keterangan dihimpun menyebutkan, kapal nelayan asal Gabion, Belawan, melaut dengan membawa 9 awak kapal. Dalam perjalanan, kapal dengan kapasitas 28 ton itu, tiba - tiba terbakar di ruang mesin.

Kobaran api, membuat para awak kapal panik. Mereka menyiram air laut ke api yang membara. Ternyata, api yang diduga berasal dari baterai aki, semakin marak. Masing - masing awak kapal memilih melompat ke laut. Api yang terus marak dipantau petugas, di titik TW 0813.0700 terpantau petugas Kal Viper atas nama Kopda Amo Atmin.

Musibah itu langsung dilaporkan ke komandan Kal Viper dan petugas SAR TNI AL menuju ke lokasi. Sebanyak 7 awak yang mengarungi lautan diselamatkan dan dibawa ke Belawan. Sedangkan, 2 awak kapal lagi belum ditemukan. Petugas masih melakukan pencarian terhadap 2 nelayan asal Belawan yang hilang dari musibah kebakaran kapal tersebut.

Pjs Kadispen Lantamal I, Letnan Satu Sidik mengatakan, pihaknya sudah melakukan evakuasi nelayan yang terkena musibah kebakaran.

 "Untuk yang selamat sudah kita bawa ke rumah sakit. Penyebab kebakaran belum kita ketahui, kita masih fokus mencari korban yang hilang,"katanya.

Penulis: adr. Editor: gun.