HETANEWS

Ketua Karang Taruna Resmikan Pasar Hewan Gunung Malela

Ketua Karang Taruna Kabupaten Simalungun, Bona Uli Rajagukguk (kemeja lengan pendek warna putih pakai rayben, lengkap pakai topi pet Karang Taruna), saat di salah satu los dagangan ternak kambing. (foto/zai)

Simalungun,hetanews.com- Ketua Karang Taruna Kabupaten Simalungun, Bona Uli Rajagukguk, Minggu (12/8/2018), meresmikan Pasar Hewan yang dikelola Karang Taruna Kecamatan Gunung Malela, di Nagori Bahjambi I, Kecamatan Jawa Maraja Bahjambi. Persis di bawah jembatan sungai Bah Bolon, belok kiri setelah palang PTPN IV Bahjambi.

Dengan dibukanya Pasar Hewan mingguan tersebut, Bona Uli Rajagukguk yang juga anggota Komisi I DPRD Simalungun, mengharapkan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat Simalungun. Khususnya masyarakat petani peternakan hewan peliharaan. Seperti, ternak lembu, kambing, maupun kerbau.

"Dibukanya Pasar Hewan ini diharapkan bisa bersinergi dengan Pemerintah setempat agar kedepannya Pasar Hewan ini berkembang dan membantu perekonomian peternak yang ada di Simalungun. Saya akan meminta seluruh kader Karang Taruna untuk mempromosikan Pasar Hewan ini ke masyarakat luas,"imbuhnya.

Pada kesempatannya, Sastra Joyo Sirait, selaku Ketua Komisi I DPRD Simalungun, yang juga sebagai Ketua DPC Gerindra Simalungun dan bendahara Karang Taruna Simalungun, mengharapkan Pasar Hewan tersebut tidak hanya sebagai pasar. Tapi harus mampu bangkit sebagai usaha rumah potong hewan.

Pasar Hewan yang dikelola Karang Taruna Kecamatan Gunung Malela, di Nagori Bahjambi I, Kecamatan Jawa Maraja Bahjambi. (foto/zai)

Mengingat usaha rumah potong hewan dinilainya lebih efisien dan lebih menguntungkan. Baik kepada usaha Karang Taruna Kecamatan, dan masyarakat Simalungun. Dan diharapkannya juga agar Pasar Hewan, seperti yang dikelola Karang Taruna Gunung Malela itu ada di tiap - tiap kecamatan se Kabupaten Simalungun.

Tokoh masyarakat Kecamatan Jawa Maraja Bahjambi yang hadir pada peresmian itu, Jumahat Saragih, tidak luput mengingatkan agar kegiatan Pasar Hewan itu untuk lebih berkoordinasi ke pihak PTPN IV Bahjambi. Mengingat lokasi Pasar Hewan milik Karang Taruna Gunung Malela itu berdampingan dengan PTPN IV.

Sebelumnya, Ketua Karang Taruna Kecamatan Gunung Malela, Thaleb kepada hetanews.com, menceriterakan, bahwa dibukanya Pasar Hewan mingguan itu berawal dari terinspirasinya kemajuan Pasar Hewan, di Tiga Panah, Kabupaten Karo. Pengalamannya itulah yang menggerakkannya membuka usaha Pasar Hewan.

Dikatakan, dengan dibukanya Pasar Hewan Gunung Malela, akan berdampak positif kepada masyarakat petani ternak. Terutama terkait perkembangan harga. Sehingga masyarakat tidak lagi merasa seperti dimonopoli oleh para agen - agen ternak peliharaan.

Penulis: zai. Editor: gun.